Roboguru

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

Pertanyaan

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....space 

  1. Bagai air di atas daun talas.space 

  2. Air tenang menghanyutkan.space 

  3. Besar pasak daripada tiang.space 

  4. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.space 

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa memiliki arti 1 kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu; 2 ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Maksud dari peribahasa tersebut adalah segala hal apabila dihadapi bersama maka akan lebih mudah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa maksud dari kalimat tersebut di atas ....

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu memahami pesan ataupun makna yang disampaikan pada kalimat tersebut. Maksud kalimat tersebut yaitu tokoh Aku di dalam pernyataan tersebut merasa suasana yang menakutkan saat melewati kuburan di pekuburan dekat kampung Sawah.

Dengan demikian, makna kalimat tersebut adalah tokoh aku merasakan suasana menakutkan saat melewati kuburan dekat kampung Sawah.space

 

0

Roboguru

Arti kata mondar-mandir adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (cerpen) merupakan suatu tulisan yang tidak terlalu panjang yang berisi kisah tunggal. Cerpen adalah sebuah karangan cerita yang hanya berfokus pada satu kejadian saja. Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah bentuk kisah prosa yang pendek.

Kata ulang adalah kata yang mengalami pengulangan. Pengulangan yang terjadi bisa dalam bentuk asli maupun dengan adanya pengubahan suku kata dan imbuhan, yang kemudian membentuk atau merubah makna kata sebelumnya.

Analisis kata ulang pada kutipan teks cerita pendek:

Kakak hanya mondar-mandir di halaman rumah nenek.

Arti kata mondar-mandir adalah berkali-kali. Maksud dari kalimat di atas adalah kakak hanya berjalan kesana-kemari berkali-kali di halaman rumah nenek.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Ciri kebahasaan yang ditonjolkan dalam kutipan cerpen di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dan memiliki satu konflik dalam ceritanya. Umumnya sebuah cerpen terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata di dalamnya. Salah satu ciri kebahasaan teks cerita pendek ialah terdapat uraian deskriptif yang rinci. Kalimat deskriptif dalam cerpen digunakan untuk menggambarkan pengalaman, latar, maupun karakter dalam cerpen. Kalimat deskriptif pada cerpen di atas menggambarkan latar tempat yang terdapat dalam kalimat "Ruang pameran itu tidak begitu penuh dikunjungi orang hingga tempat yang kecil itu tak hendak meledak."

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Peribahasa yang sesuai dengan watak Rima adalah....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku. Peribahasa yang sesuai dengan watak Rima pada teks di atas adalah air beriak tanda tak dalam. Peribahasa ini memiliki arti seseorang yang banyak bicara sedikit ilmunya. Hal ini berdasarkan pada kalimat Rima adalah anak yang suka berbicara, tetapi Rima menjadi sangat pendiam saat pelajaran dimulai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Yang perlu direvisi pada penggalan cerpen di atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Penggalan cerpen tersebut merupakan kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif adalah kalimat yang melukiskan atau menggambarkan suasana, tempat, tokoh dalam cerita. Penulisan kalimat deskriptif harus memerhatikan struktur kalimat (S-P-O-K) agar penyampaiannya memiliki makna yang tepat. Kesalahan dalam penggalan tersebut terletak pada struktur kalimat kedua Tetap saja malas Panji menggunakan seragamnya ketika pulang sekolah. Subjek Panji sebagai pelaku yang mengalami seharusnya didahulukan sebelum predikat tetap saja malas. Struktur predikat digunakan sebagai penunjuk perbuatan Panji yang tetap malas menggunakan. Seragam menjadi objek. Keterangan waktu dalam kalimat tersebut adalah ketika pulang sekolah. Maka perbaikan kalimat tersebut adalah Panji tetap saja malas menggunakan seragamnya ketika pulang sekolah.
Dengan demikian, yang perlu direvisi pada penggalan cerpen di atas adalah struktur kalimatnya.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved