Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 11-15.


Lada


    Lada juga dikenal dengan nama merica dan memiliki nama Latin Piper albi linn. Lada banyak dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan, baik yang hitam maupun yang putih. Hal yang membedakan kedua jenis lada ini adalah cara memanen dan mengolah sebelum dipasarkan. Pengolahan kedua jenis lada ini menghasilkan warna, tekstur, dan rasa yang berbeda.

    Pada umumnya, lada tumbuh merambat atau menjalar. Batang tanaman lada berbentuk ruas-ruas. Tanaman ini memiliki akar tunggang dengan ukuran yang lebih kecil dan pendek dibandingkan tanaman berakar tunggang lainnya. Daun tanaman lada berbentuk bulat telur dengan ujung daun meruncing dan berwarna hijau mengilat dengan panjang mencapai 12-18 dan Lebar 5-10.

    Lada memiliki kandungan kimia,seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati yang sifatnya sedikit pahit, pedas, dan hangat. Selain itu,kandungan nutrisi tertinggi pada lada meliputi vitamin K, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Lada juga mengandung flavonoid, nracm, piridoksin, riboflavin, beberapa folat dan kolin, serat, karbohidrat, serta protein yang sangat rendah kadar gula dan kolesterol.

    Kandungan nutrisi dalam lada tersebut dapat membantu meringankan kondisi peradangan, seperti pembengkakan dan rasa sakit pada penderita artritis. Lada yang bersifat antipiretik juga dapat menurunkan suhu tubuh saat demam. Jika tidak dapat menyembuhkan sakit perut, setidaknya lada dapat mencegah penyakit tersebut. Rasa pedas atau panas pada lada dapat membunuh bakteri jahat di dalam perut dan usus yang menyebabkan sakit perut. Selain itu, kandungan flavonoid, vitamin C, dan vitamin A pada lada dapat mencegah darah tinggi.

    (Diolah dari berbagai sumber)space 

Penggunaan kata jika pada paragraf keempat teks tersebut tidak tepat. Kata tersebut seharusnya diganti dengan kata .....

Penggunaan kata jika pada paragraf keempat teks tersebut tidak tepat. Kata tersebut seharusnya diganti dengan kata .....space 

  1. namunspace 

  2. sehinggaspace 

  3. meskipunspace 

  4. oleh karena ituspace 

  5. dengan demikianspace 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Iklan

Pembahasan

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru). Makna konjungsi jika adalah konjungsi yang menunjukan syarat antara kalimat inti dengan anak kalimat. Penggunaan kata tersebut tidak tepat dalam soal di atas. Penggunaan konjungsi yang tepat adalah kata meskipun karena konjungsi tersebut menunjukkan makna penentangan. Kalimat dengan penggunaan konjungsi yang tepat adalah sebagai berikut. Meskipun tidak dapat menyembuhkan sakit perut, setidaknya lada dapat mencegah penyakit tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru).

Makna konjungsi jika adalah konjungsi yang menunjukan syarat antara kalimat inti dengan anak kalimat. Penggunaan kata tersebut tidak tepat dalam soal di atas. Penggunaan konjungsi yang tepat adalah kata meskipun karena konjungsi tersebut menunjukkan makna penentangan.

Kalimat dengan penggunaan konjungsi yang tepat adalah sebagai berikut.

Meskipun tidak dapat menyembuhkan sakit perut, setidaknya lada dapat mencegah penyakit tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ....

15

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia