Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut! (1) Cara kerja alat penangkal petir ini dapat dikatakan sederhana. (2) Ketika hujan lebat, biasanya awan akan mengandung muatan listrik negatif. (3) Jika muatan ini cukup banyak terakumulasi di awan, muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang. (4) Gaya tarik menarik antara keduanya akan menghasilkan petir atau kilatan listrik. (5) Aliran listrik dari petir akan dialirkan ke permukaan bumi sehingga bangunan tidak mengalami kerusakan. (Diadaptasi dari https://sekolahnesia.com/ pada 20 Juli 2020) Kata jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi ....

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut!
(1) Cara kerja alat penangkal petir ini dapat dikatakan sederhana. (2) Ketika hujan lebat, biasanya awan akan mengandung muatan listrik negatif. (3) Jika muatan ini cukup banyak terakumulasi di awan, muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang. (4) Gaya tarik menarik antara keduanya akan menghasilkan petir atau kilatan listrik. (5) Aliran listrik dari petir akan dialirkan ke permukaan bumi sehingga bangunan tidak mengalami kerusakan.

(Diadaptasi dari https://sekolahnesia.com/ pada 20 Juli 2020)

Kata jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi .... 

  1. pertentanganundefined 

  2. pemilihanundefined 

  3. penanda keterangan sebabundefined 

  4. penanda keterangan syaratundefined 

  5. penanda keterangan caraundefined 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konjungsi jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi penanda keterangan syarat. Dalam kalimat (3), konjungsi jika menandai adanya syarat yang dapat membuat muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang . Syarat yang dimaksud adalah muatan ini cukup banyak terakumulasi di awan . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

konjungsi jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi penanda keterangan syarat. Dalam kalimat (3), konjungsi jika menandai adanya syarat yang dapat membuat muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang. Syarat yang dimaksud adalah muatan ini cukup banyak terakumulasi di awanDengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Konjungsi atau kata penghubung merupakankata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, maupun antarkalimat. Terdapat berbagai jenis konjungsi, di antaranya adalah konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif. Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya sederajat atau setara. Jenis konjungsi ini antara lain adalah konjungsi penanda hubungan penambahan, penanda hubungan pemilihan, dan penanda hubungan perlawanan atau pertentangan. Konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua klausa yang kedudukannya tidak sederajat atau konjungsi yang menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat. Jenis konjungsi ini antara lain adalah konjungsi penanda keterangan tujuan (misalnya agar dan supaya ), penanda keterangan pembandingan (misalnya seperti dan bak ), penanda keterangan sebab (misalnya karena dan sebab ), dan penanda keterangan syarat (misalnya jika , kalau , dan asalkan ) . Jadi, konjungsi jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi penanda keterangan syarat. Dalam kalimat (3), konjungsi jika menandai adanya syarat yang dapat membuat muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang . Syarat yang dimaksud adalah muatan ini cukup banyak terakumulasi di awan . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Konjungsi atau kata penghubung merupakan kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, maupun antarkalimat. Terdapat berbagai jenis konjungsi, di antaranya adalah konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif.

  • Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya sederajat atau setara. Jenis konjungsi ini antara lain adalah konjungsi penanda hubungan penambahan, penanda hubungan pemilihan, dan penanda hubungan perlawanan atau pertentangan.
  • Konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua klausa yang kedudukannya tidak sederajat atau konjungsi yang menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat. Jenis konjungsi ini antara lain adalah konjungsi penanda keterangan tujuan (misalnya agar dan supaya), penanda keterangan pembandingan (misalnya seperti dan bak), penanda keterangan sebab (misalnya karena dan sebab), dan penanda keterangan syarat (misalnya jika, kalau, dan asalkan).

Jadi, konjungsi jika pada kalimat (3) kutipan di atas termasuk jenis konjungsi penanda keterangan syarat. Dalam kalimat (3), konjungsi jika menandai adanya syarat yang dapat membuat muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang. Syarat yang dimaksud adalah muatan ini cukup banyak terakumulasi di awanDengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Biota yang termasuk biota laut, di antaranya adalah terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut. Konjungsi yang digunakan pad...

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia