Roboguru

Penggunaan diksi yang kurang tepat pada petikan isi surat pribadi yang ditujukan kepada orang tua adalah....

Pertanyaan

Penggunaan diksi yang kurang tepat pada petikan isi surat pribadi yang ditujukan kepada orang tua adalah....space  

  1. Ayah, Ibu, dengan surat ini ananda beritahukan bahwa liburan semester gasal ini ananda tidak bisa pulang karena ada kegiatan di sekolah yang tidak bisa ananda tinggalkan.space

     

  2. Bapak dan Ibu yang saya hormati, saya mengabarkan bahwa uang saku saya tinggal sedikit tidak cukup kalau digunakan sampai akhir bulan. Mohon kiriman weselnya ya, Ibu!space

     

  3. Bapak/Ibu, aku nggak nafsu makan hari ini. Perutku sakit. Bapak Ibu bisa datang ke tempat kosku kan? Aku tunggu ya ....space

     

  4. Tina sadar Bapak/Ibu. Tina telah berbuat banyak kesalahan. Tina selalu membuat kesal Bapak/Ibu. Dengan surat ini Tina menyesal dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya.space

     

Pembahasan Soal:

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi. Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam surat pribadi, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kita menulis surat kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kita kenal.

Dilihat dari berbagai opsi jawaban di atas, maka kalimat pada opsi B itu kurang tepat karena terdapat penekanan dengan menggunakan tanda seru ( ! ) yang bermakna memaksa, serta penggunaan salam pun terlalu formal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kata keterangan tempat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....

Pembahasan Soal:

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti kata kerja dan kata sifat kecuali pada kata benda (nomina). Contoh kata keterangan bisa digunakan pada semua jenis kalimat.

Kata keterangan dibagi menjadi beberapa tergantung dengan sifat dan penggunaanya dalam kalimat, salah satunya adalah kata keterangan tempat. 

Kata keterangan tempat adalah kata keterangan yang menjelaskan tempat kejadian dari suatu peristiwa atau kegiatan. Contoh katanya antara lain adalah: di, ke, dari.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka yang merupakan kata keterangan tempat dari teks di atas adalah (2) Hal ini disebabkan ada proyek di Kalimantan, (3) Nanda mohon maaf tidak bisa menemani Ibu pergi berlibur ke rumah nenek di Sukabumi.

Dengan demikian, kata keterangan tempat terdapat pada kalimat ke (2) yaitu di kalimantan dan kalimat ke (3), yaitu ke rumah dan di sukabumi.space 

0

Roboguru

Penulisan yang salah dalam kutipan tersebut terletak pada kalimat ke-....

Pembahasan Soal:

Penulisan yang salah dalam kutipan tersebut terletak pada penggunaan huruf kapital. Huruf kapital disebut juga huruf besar, adalah huruf yang berukuran lebih besar dari huruf biasa. Penggunaan huruf kapital dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, kakak, adik, dan paman, serta kata atau ungkapan lain yang dipakai dalam penyapaan atau pengacuan.

Pada kalimat kedua, terdapat frasa "Bapak dan mak". Penulisan kata 'mak' pada kalimat tersebut seharusnya diawali dengan huruf kapital. Jadi, kalimatnya seharusnya menjadi " Semoga Bapak dan Mak selalu sehat".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Temukanlah 5 (lima) contoh kata yang tidak baku menurut KBBI dan tuliskan kata bakunya!

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang penulisannya sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pada surat pribadi di atas terdapat kata-kata tidak baku, yaitu:

  • Kangen, kata bakunya adalah rindu
  • Gimana, kata bakunya adalah bagaimana
  • Pingin, kata bakunya adalah ingin
  • Bakalan, kata bakunya adalah akan
  • Banget, kata bakunya adalah sangat

Dengan demikian, pada surat pribadi di atas terdapat kata-kata tidak baku, yaitu kangen kata bakunya adalah rindu, gimana kata bakunya adalah bagaimana, pingin kata bakunya adalah ingin, bakalan kata bakunya adalah akan, dan banget kata bakunya adalah sangat.space 

0

Roboguru

Identifikasi kalimat-kalimat tidak baku dan tidak efektif dalam surat pribadi tersebut! Tulis kembali surat tersebut dalam bentuk yang baku dan efektif!

Pembahasan Soal:

Kalimat-kalimat tidak baku pada surat di atas ditandai dengan cetak tebal

Bandung, 1 Juni 2016

Menjumpai
Kakakku Wisnu
Di Jakarta

    Apa kabar, Kak? Sehat-sehat saja, kan? Maaf ya, Kak baru kali ini Rina baru bisa kirim kabar. Harap maklum, karena Rina sibuk belajar untuk menghadapi ujian akhir semester. Oh iya, bagaimana keadaan Kakak sekarang, mudah-mudahan selalu sehat juga baik-baik saja dan pekerjaan Kakak berjalan dengan lancar.

    Ibu dan Bapak alhamdulillah kabarnya baik-baik saja. Mereka kirim salam buat kakak dan mereka pesan supaya Kakak jaga kondisi tubuh dengan baik dan jangan lupa beribadah yang paling utama. Kak, Bapak dan Ibu sekarang aktif lho berolahraga. Mereka setiap pagi rajin jalan pagi, malah sekarang mereka ikut senam jantung sehat yang diadakan di lapangan RW kita.

    Kak, sebentar lagi, kan bulan Ramadhan. Kakak pulang ke Bandung atau tidak? Supaya kita bisa berkumpul kembali sama-sama berpuasa dan buka puasa bareng-bareng. Oh iya, Kak, kalau kakak memang nggak bisa datang di bulan Ramadhan nanti, Rina harap kakak usahakan datang sebelum hari raya Idul Fitri, ya.

    Kalau Kakak mau pulang ke Bandung, tolong sebelumnya kasih kabar dulu, ya. Supaya kita bisa jemput di stasiun. Kak, udahan dulu, ya. Kita di sini selalu berdoa kepada Allah supaya Kakak selalu diberikan kesehatan, kemudahan dalam pekerjaan, dan sukses selalu. Cukup sekian dulu, Kak, lain waktu disambung lagi.

Adikmu,

Rina Wati

 

Jadi, kalimat-kalimat tidak baku dan tidak efektif tersebut dapat diperbaiki sebagai berikut:

 

Bandung, 1 Juni 2016


Kakakku Wisnu
Di Jakarta

    Apa kabar, Kak? Sehat-sehat saja, kan? Maaf ya, Kak baru kali ini Rina baru bisa kirim kabar. Harap maklum, karena Rina sibuk belajar untuk menghadapi ujian akhir semester. Oh iya, bagaimana keadaan Kakak sekarang, mudah-mudahan selalu sehat juga baik-baik saja dan pekerjaan Kakak berjalan dengan lancar.

    Ibu dan Bapak alhamdulillah kabarnya baik-baik saja. Mereka kirim salam buat kakak dan mereka pesan supaya Kakak jaga kondisi tubuh dengan baik dan jangan lupa beribadah yang paling utama. Kak, Bapak dan Ibu sekarang aktif berolahraga. Mereka setiap pagi rajin jalan pagi, bahkan sekarang mereka ikut senam jantung sehat yang diadakan di lapangan RW kita.

    Kak, sebentar lagi, kan bulan Ramadhan. Kakak pulang ke Bandung atau tidak? Supaya kita bisa berkumpul kembali untuk berpuasa dan berbuka puasa barsama. Oh iya, Kak, kalau kakak memang tidak bisa datang di bulan Ramadhan nanti, Rina harap kakak usahakan datang sebelum hari raya Idul Fitri, ya.

    Kalau Kakak mau pulang ke Bandung, tolong sebelumnya kasih kabar dulu, ya. Supaya kita bisa jemput di stasiun. Kak, sudah dulu, ya. Kita di sini selalu berdoa kepada Allah supaya Kakak selalu diberikan kesehatan, kemudahan dalam pekerjaan, dan sukses selalu. Cukup sekian dulu, Kak, lain waktu disambung lagi.

Adikmu,

Rina Wati

0

Roboguru

Telaahlah aspek kebahasaan dalam teks 2 surat pribadi tersebut.

Pembahasan Soal:

Verba atau kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. 

Kata kerja pada surat pribadi di atas adalah

  1. Kata mengucapkan yang ditunjukan pada kalimat "Aku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Filri 1441 H.". Kata mengucapkan pada kalimat tersebut maksudnya adalah memberi ucapan.
  2. Kata membuatkan yang ditunjukan pada kalimat "Mama membuatkan masakan lebaran seperti yang sering Nenek buat setiap kabaran". Kata membuatkan pada kalimat tersebut maksudnya adalah membuat sesuatu.
  3. Kata memutus yang ditunjukan pada kalimat "...untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona", yang dimaksud dengan kata memutus pada kalimat tersebut adalah menghentikan.
  4. Kata mematuhi yang terdapat pada kalimat "Kami harus mematuhi peraturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja.".  Kata mematuhi  pada kalimat tersebut maksudnya adalah patuh.

Jadi, kata kerja pada surat di atas adalah "megucapkan" yang ditunjukan pada kalimat "Aku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Filri 1441 H.". Kata mengucapkan pada kalimat tersebut maksudnya adalah memberi ucapan. Kata "membuatkan" yang ditunjukan pada kalimat "Mama membuatkan masakan lebaran seperti yang sering Nenek buat setiap kabaran". Kata membuatkan pada kalimat tersebut maksudnya adalah membuat sesuatu. Kata "memutus" yang ditunjukan pada kalimat "...untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona", yang dimaksud dengan kata memutus pada kalimat tersebut adalah menghentikan. Kata "mematuhi" ang terdapat pada kalimat "Kami harus mematuhi peraturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja.". Kata mematuhi pada kalimat tersebut maksudnya adalah patuh.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved