Roboguru

Kata keterangan tempat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....

Pertanyaan

Kata keterangan tempat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....space 

Pembahasan Soal:

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti kata kerja dan kata sifat kecuali pada kata benda (nomina). Contoh kata keterangan bisa digunakan pada semua jenis kalimat.

Kata keterangan dibagi menjadi beberapa tergantung dengan sifat dan penggunaanya dalam kalimat, salah satunya adalah kata keterangan tempat. 

Kata keterangan tempat adalah kata keterangan yang menjelaskan tempat kejadian dari suatu peristiwa atau kegiatan. Contoh katanya antara lain adalah: di, ke, dari.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka yang merupakan kata keterangan tempat dari teks di atas adalah (2) Hal ini disebabkan ada proyek di Kalimantan, (3) Nanda mohon maaf tidak bisa menemani Ibu pergi berlibur ke rumah nenek di Sukabumi.

Dengan demikian, kata keterangan tempat terdapat pada kalimat ke (2) yaitu di kalimantan dan kalimat ke (3), yaitu ke rumah dan di sukabumi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kesalahan pengunaan ejaan pada surat pada kalimat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat di atas merupakan surat pribadi, yaitu jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang biasanya ditulis secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan rnenggunakan bahasa yang tidak baku. Pada surat pribadi di atas, terdapat kata yang ejaannya kurang tepat, yaitu pada kalimat "Kalau sempat singgalah terlebih dahulu ke rumahku." Kata singga seharusnya adalah singgah, sehingga kalimat dengan ejaan yang benar adalah "Kalau sempat singgahlah terlebih dahulu ke rumahku."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Telaahlah aspek kebahasaan dalam teks surat pribadi 2 tersebut.

Pembahasan Soal:

Pengertian kata tidak baku merupakan kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang telah ditentukan. Umumnya, kata tidak baku sering digunakan dalam percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur.

Kata tidak baku yang terdapat pada surat pribadi di atas adalah 'mumpung' yang terdapat pada kalimat "Mumpung masih dalam suasana lebaran".  Maksud kata 'mumpung' pada kalimat tersebut adalah selagi. Selanjutnya adalah kata 'banget' yang terdapat pada kalimat "Kami kangen banget makanan lebaran buatan Nenek...". Maksud kata banget pada kalimat tersebut adalah sangat.

Jadi, kata tidak baku yang terdapat pada surat pribadi di atas adalah kata 'mumpung' yang terdapat pada kalimat "Mumpung masih dalam suasana lebaran" yang berarti 'selagi'  dan kata 'banget' yang terdapat pada kalimat "Kami kangen banget makanan lebaran buatan Nenek...". Maksud kata banget pada kalimat tersebut adalah 'sangat'.space 

0

Roboguru

Penggunaan diksi yang kurang tepat pada petikan isi surat pribadi yang ditujukan kepada orang tua adalah....

Pembahasan Soal:

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi. Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam surat pribadi, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kita menulis surat kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kita kenal.

Dilihat dari berbagai opsi jawaban di atas, maka kalimat pada opsi B itu kurang tepat karena terdapat penekanan dengan menggunakan tanda seru ( ! ) yang bermakna memaksa, serta penggunaan salam pun terlalu formal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

 

 

0

Roboguru

Kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang tercetak miring adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat dinas adalah suatu surat resmi yang dibuat oleh sebuah instansi atau lembaga dengan tujuan untuk keperluan dinas.

Salah satu ciri kaidah penulisan surat dinas adalah menggunakan kalimat efektif, yaitu kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan penulis secara tepat sehingga dapat dipahami secara tepat. 

Beberapa ciri kalimat efektif adalah tidak bermakna ganda dan memilih diksi yang tepat.

Kata tidak telat dan datang sendiri tidak memenuhi kaidah kalimat efektif. Kedua kata tersebut seharusnya diganti dengan hadir tepat waktu dan tidak diwakilkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  

0

Roboguru

Temukanlah 5 (lima) contoh kata yang tidak baku menurut KBBI dan tuliskan kata bakunya!

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang penulisannya sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pada surat pribadi di atas terdapat kata-kata tidak baku, yaitu:

  • Kangen, kata bakunya adalah rindu
  • Gimana, kata bakunya adalah bagaimana
  • Pingin, kata bakunya adalah ingin
  • Bakalan, kata bakunya adalah akan
  • Banget, kata bakunya adalah sangat

Dengan demikian, pada surat pribadi di atas terdapat kata-kata tidak baku, yaitu kangen kata bakunya adalah rindu, gimana kata bakunya adalah bagaimana, pingin kata bakunya adalah ingin, bakalan kata bakunya adalah akan, dan banget kata bakunya adalah sangat.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved