Roboguru
SD

Penggambaran si gadis kecil sebagai tokoh yang misterius terdapat paragraf ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks fiksi berikut dengan saksama, kemudian jawab pertanyaannya.


    Sepanjang hari ia menyusuri pantai, si gadis kecil anak nelayan. Sebatas antara air laut dan pasir pantai. Dia gadis batas. Keindahannya terletak pada batas dua yang berlawanan. Dia gadis seindah fajar, batas malam dan letak siang.

    Sekali waktu, aku datang ke sebuah gubuk nelayan di tepi pantai. Mulanya, tak ada orang kelihatan di dalam, baru kemudian keluar seorang wanita yang agak tua. Ia belum melihatku dan sedang membungkuk mencari sesuatu. Ketika wanita itu melihatku, ia menyapa, "Mencari siapa, Nak?"

    ....

    Ibu itu terlihat gelisah sambil memintaku duduk sebentar. Aku duduk sambil melihat-lihat ke sekeliling. Kulihat jaring ikan yang terlentang  tergantung di sebelah kiri, jaring itu sedang diperbaiki karena ada yang putus. Dari dinding anyaman bambu itu; aku bisa melihat keluar: rumah-rumah di sebelah, pepohonan nyiur yang melambai dan debur-debur ombak di laut.

   Si ibu duduk di sampingku; ia mulai bercerita panjang mengenai gadis itu. Aku mendengarkan sambil memperhatikan mukanya; keras. Kerut-kerut di mukanya pertanda keteguhan. Kepastian. Tidak ada kebimbangan. Tajam. Aku bergumam, pasti ia berumur panjang. Pasti. Kupingnya agak lebar. Aku mengira-ngira umurnya dan merasa yakin jika ia akan hidup panjang umur.space 

Penggambaran si gadis kecil sebagai tokoh yang misterius terdapat paragraf ...space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

Cerpen adalah cerita pendek yang memiliki tidak lebih dari 10 ribu kata. Cerpen biasanya berfokus pada satu karakter, juga memiliki puncak masalah dan penyelesaiannya. Masalah atau konflik yang diangkat pada cerpen hanya ada satu juga padat dan langsung tertuju pada tujuannya.

Salah satu unsur cerpen adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah karakter yang ada dalam cerita. Tokoh utama adalah tokoh yang menjalankan cerita, biasanya ditandai oleh banyaknya tokoh itu disebut. Sementara itu, penokohan adalah gambaran seorang tokoh dalam cerita.

Berikut analisis si gadis kecil sebagai sosok yang misterius:

Pada paragraf 2 dan 3 tidak ditunjukkan ada tokoh gadis kecil. Pada paragraf 1 si gadis kecil digambarkan sebagai tokoh yang indah. Sementara itu, pada paragraf 4 ditunjukkan bahwa tokoh “Si Ibu” menceritakan panjang lebar tentang si gadis kecil, yaitu pada kutipan "Si ibu duduk di sampingku; ia mulai bercerita panjang mengenai gadis itu."

Berdasarkan analisis di atas, penggambaran si gadis kecil sebagai sosok yang misterius ditunjukkan oleh paragraf 4.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

838

5.0 (1 rating)

INTAN APRILIYANI

Pembahasan lengkap banget

Pertanyaan serupa

Tokoh Bang Codet dalam kutipan cerpen tersebut memiliki watak . . . .

815

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia