Pengangkatan Pangetan Tamjidilah sebagai Sultan Banjar oleh Belanda mendorong terjadinya Perang Banjar. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Pengangkatan Pangetan Tamjidilah sebagai Sultan Banjar oleh Belanda mendorong terjadinya Perang Banjar. Mengapa demikian?

  1. ...undefined 

  2. ...space space space 

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pengangkatan Pengeran Tamjidillah yang dianggap tidak sah karena tidak sesuai dengan wasiat dari raja sebelumnya berujung terjadinya Perang Banjar.

Pembahasan

Pembahasan

Ketika putra mahkota kerajaan Banjar yaitu Abdul Rakhman meninggal secara tiba-tiba di tahun 1852. Sultan Adam mempunyai tiga orang putra yang bisa menggantikan posisi Abdul Rakhman, yaitu Pangeran Hidayatullah, Pangeran Tamjidillah dan Prabu Anom. Pangeran Hidayatullah memiliki pendukung dari pihak istana, Prabu Anom didukung oleh Pangeran Mangkubumi, dan Pangeran Tamjidillah didukung oleh pihak Belanda. Menurut wasiat yang sah, Pangeran Hidayatullah adalah sultan yang sah. Karena hal itulah, pengangkatan Pangeran Tamjidillah sebagai sultan Banjarmasin menimbulkan banyak protes dan kecewa dari berbagai macam pihak. Terlebih karena Pengeran Tamjidillah ini punya sifat yang jelek seperti suka bermabuk-mabukan. Hal ini kemudian memicu munculnya Perang Banjar. 

Dengan demikian, pengangkatan Pengeran Tamjidillah yang dianggap tidak sah karena tidak sesuai dengan wasiat dari raja sebelumnya berujung terjadinya Perang Banjar.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan intormasi berikut ! Berdasarkan intormasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ....

159

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia