Pertanyaan

Penerapan sifat-sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari antara lain: pembentukan delta di muara sungai; proses cuci darah; penggumpalan lateks; penggunaan norit untuk obat sakit perut; dan sorot lampu bioskop pada udara berasap. Contoh penerapan sifat koloid yang merupakan sifat koagulasi adalah nomor .....

Penerapan sifat-sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. pembentukan delta di muara sungai;
  2. proses cuci darah;
  3. penggumpalan lateks;
  4. penggunaan norit untuk obat sakit perut; dan
  5. sorot lampu bioskop pada udara berasap.

Contoh penerapan sifat koloid yang merupakan sifat koagulasi adalah nomor .....

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 3

  3. 2 dan 3

  4. 2 dan 4

  5. 4 dan 5

N. Puji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Koagulasi merupakan salah satu sifat dari koloid di mana partikel-partikel suatu koloid dapat mengalami penggumpalan membentuk zat semi-padat. Partikel-partikel koloid tersebut bersifat stabil karena memiliki muatan listrik sejenis. Apabila muatan listrik itu hilang, maka partikel koloid tersebut akan bergabung membentuk gumpalan. Contoh penerapannya antara lain adalah pembentukan delta pada pertemuan dua sungai, susu akan menggumpal jika ditambahkan jeruk nipis, partikel karet dalam lateks akan menggumpal jika ditambahkan asam laktat, emulsi sari kedelai pada proses pembuatan tahu akan menggumpal jika ditambahkan batu tahu (CaSO 4 . 2H 2 O) atau asam cuka, penjernihan air dengan tawas agar lumpur pengotor dapat tergumpal. Pada pernyataan berikut : pembentukan delta di muara sungai (koagulasi) proses cuci darah (dialisis) penggumpalan lateks (koagulasi) penggunaan norit untuk obat sakit perut (adsorosi) sorot lampu bioskop pada udara berasap (efek Tyndall) Sifat koagulasi ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3).

Koagulasi merupakan salah satu sifat dari koloid di mana partikel-partikel suatu koloid dapat mengalami penggumpalan membentuk zat semi-padat.

Partikel-partikel koloid tersebut bersifat stabil karena memiliki muatan listrik sejenis. Apabila muatan listrik itu hilang, maka partikel koloid tersebut akan bergabung membentuk gumpalan.

Contoh penerapannya antara lain adalah pembentukan delta pada pertemuan dua sungai, susu akan menggumpal jika ditambahkan jeruk nipis, partikel karet dalam lateks akan menggumpal jika ditambahkan asam laktat, emulsi sari kedelai pada proses pembuatan tahu akan menggumpal jika ditambahkan batu tahu (CaSO4. 2H2O) atau asam cuka, penjernihan air dengan tawas agar lumpur pengotor dapat tergumpal.

Pada pernyataan berikut :

  1. pembentukan delta di muara sungai (koagulasi)
  2. proses cuci darah (dialisis)
  3. penggumpalan lateks (koagulasi)
  4. penggunaan norit untuk obat sakit perut (adsorosi)
  5. sorot lampu bioskop pada udara berasap (efek Tyndall)

Sifat koagulasi ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3).

16rb+

3.6 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sifat koloid dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain pada: (1) Sorot lampu bioskop yang berkabut; (2) Cara kerja obat norit; (3) Proses pencucian darah (4) Pembentukan del...

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia