Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diberikan tabel tentang sifat koloid berikut. Pasangan data yang tepat mengenai peristiwa sehari-hari yang menerapkan sifat koloid adalah....

Diberikan tabel tentang sifat koloid berikut.

Pasangan data yang tepat mengenai peristiwa sehari-hari yang menerapkan sifat koloid adalah....

  1. 1 dan 2undefined

  2. 1 dan 3undefined

  3. 2 dan 3undefined

  4. 3 dan 4undefined

  5. 4 dan 5undefined

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Koloid merupakan campuran dari dua zat atau lebih yang tersebar secara merata dengan ukuran partikel terdispersi antara 1-1000 nm. Sifat-sifat kolod : 1. Efek Tydall : partikel koloid yang dapat menghamburkan sinarnya. Contoh :penghamburan sinar sorot lampu mobil ketika udara berkabut. 2. Gerak Brown : partikel koloid bergerak secara zig-zag. Gerakan ini berfungsi untuk penstabilan partikel koloid sehingga tidak menjadi pemisah antara partikel terdispersi dan medium pendispensi. Contoh gerakan partikel pada sistem koloid susu. 3. Elekroforesis : apabila koloid dialiri aliran listrik maka partikel koloid bergerak menujuelektrode positifatauelektrode negatif. Hal ini bisa membuktikan bahwa koloid memiliki aliran listrik. Gerak partikel koloid dalam medan listrik bisa di sebut dengan elektroforesis. Contoh : proses penyaringan debu pabrik. 4. Adsorpsi : permukaan partikel koloid bisa menarik partikel yang bermuatan listrik di sekitarnya, hal ini disebabkan karena koloid bermuatan listrik. Proses ini di sebut dengan absorpsi. Contoh : penjernihan air tebu, penjernihan air dan pembuatan obat. 5. Koagulasi adalah peristiwa terjadinya pengendapan/ penggumpalan pada koloid. Koagulasi dapat dipengaruhi oleh pemanasan, pendinginan, penambahan elektrolit, pembusukan, pencampuran koloid yang berbeda muatan, dan elektroforesis. Contoh : pembentukan delta di muara sungai, penggumpalan susu yang basi dan telur yang direbus hingga membeku. Berdasarkan penjelasan di atas, maka pasangan data yang tepat mengenai peristiwa sehari-hari yang menerapkan sifat koloid adalah nomor 3 dan nomor 4. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Koloid merupakan campuran dari dua zat atau lebih yang tersebar secara merata dengan ukuran partikel terdispersi antara 1-1000 nm. 

Sifat-sifat kolod :

1. Efek Tydall : partikel koloid yang dapat menghamburkan sinarnya. Contoh : penghamburan sinar sorot lampu mobil ketika udara berkabut.

2. Gerak Brown : partikel koloid bergerak secara zig-zag. Gerakan ini berfungsi untuk penstabilan partikel koloid sehingga tidak menjadi pemisah antara partikel terdispersi dan medium pendispensi. Contoh  gerakan partikel pada sistem koloid susu.

3. Elekroforesis : apabila koloid dialiri aliran listrik maka partikel koloid bergerak menuju elektrode positif atau elektrode negatif. Hal ini bisa membuktikan bahwa koloid memiliki aliran listrik. Gerak partikel koloid dalam medan listrik bisa di sebut dengan elektroforesis. Contoh : proses penyaringan debu pabrik.

4. Adsorpsi : permukaan partikel koloid bisa menarik partikel yang bermuatan listrik di sekitarnya, hal ini disebabkan karena koloid bermuatan listrik. Proses ini di sebut dengan absorpsi. Contoh : penjernihan air tebu, penjernihan air dan pembuatan obat.

5. Koagulasi adalah peristiwa terjadinya pengendapan/ penggumpalan pada koloid. Koagulasi dapat dipengaruhi oleh pemanasan, pendinginan, penambahan elektrolit, pembusukan, pencampuran koloid yang berbeda muatan, dan elektroforesis. Contoh : pembentukan delta di muara sungai, penggumpalan susu yang basi dan telur yang direbus hingga membeku.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka pasangan data yang tepat mengenai peristiwa sehari-hari yang menerapkan sifat koloid adalah nomor 3 dan nomor 4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Sistem Koloid

Jenis Koloid

Sifat Koloid dan Manfaatnya

Pembuatan Koloid

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari: Peristiwa cuci darah, Penggunaan alat Cottrel, Penggunaan oralit pada diare, Sorot lampu di malam hari Pembentukan...

21rb+

2.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia