Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penemuan elektron ditandai dengan pengamatan sinar katode dalam tabung sinar katode. Jelaskan bagaimana sinar katode dapat dihasilkan dalam tabung sinar katode!

Penemuan elektron ditandai dengan pengamatan sinar katode dalam tabung sinar katode. Jelaskan bagaimana sinar katode dapat dihasilkan dalam tabung sinar katode!space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sinar katoda yang dihasilkan dalam tabung katode disebabkan adanya aliran listrik bertegangan tinggi melalui gas dalam tabung. Thomson melakukan suatu percobaan yang dikenal dengan percobaan sinar katode. Percobaan tersebut merupakan rangkaian dalam perkembangan teori dan struktur atom. Pada percobaannya ini, dua pelat logam ditempatkan pada masing-masing tabung yang divakumkan yang kemudian tabung tersebut diiisi dengan gas pada tekanan rendah. Salah satu pelat logam (anoda) membawa muatan positif dan pelat logam yang lain (katoda) membawa muatan negatif. Ketika muatan listrik bertegangan tinggi dialirkan melalui gas dalam tabung, terdapat berkas cahaya dari katoda ke anoda. Sinar yang dihasilkan disebut sinar katoda. Partikel sinar katoda bermuatan negatif karena tertarik oleh pelat yang bermuatan positif. Berdasarkan percobaan sinar katoda dapat disimpulkan bahwa permukaan atom ada muatan negatif yang dikenal dengan elektron.

Sinar katoda yang dihasilkan dalam tabung katode disebabkan adanya aliran listrik bertegangan tinggi melalui gas dalam tabung.

Thomson melakukan suatu percobaan yang dikenal dengan percobaan sinar katode. Percobaan tersebut merupakan rangkaian dalam perkembangan teori dan struktur atom. Pada percobaannya ini, dua pelat logam ditempatkan pada masing-masing tabung yang divakumkan yang kemudian tabung tersebut diiisi dengan gas pada tekanan rendah. Salah satu pelat logam (anoda) membawa muatan positif dan pelat logam yang lain (katoda) membawa muatan negatif. Ketika muatan listrik bertegangan tinggi dialirkan melalui gas dalam tabung, terdapat berkas cahaya dari katoda ke anoda. Sinar yang dihasilkan disebut sinar katoda. Partikel sinar katoda bermuatan negatif karena tertarik oleh pelat yang bermuatan positif. Berdasarkan percobaan sinar katoda dapat disimpulkan bahwa permukaan atom ada muatan negatif yang dikenal dengan elektron.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alasan Thomson dapat menyimpulkan bahwa sinar katoda merupakan partikel adalah ....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia