Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peneliti dapat melewati tahap pengambilan sampel dan langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data. Benar atau salah pernyataan tersebut?

Peneliti dapat melewati tahap pengambilan sampel dan langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data. Benar atau salah pernyataan tersebut?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ilmu sosiologi tidak jauh dengan kaitannya sebuah penelitian sosial yang merupakanpenyelidikan tentang satu gejala sosial atau hubungan antara dua atau lebih gejala sosial melalui metode ilmiah. Yang bertujuan untuk dapat dipergunakan untuk memperluas informasi dan ilmu pengetahuan. Penelitian sosial biasanya melihat fenomena-fenomena yang ada dalam kehidupan masyarakat, dengan cara mengumpulkan data melalui dua metode baik kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung pada subject penelitaan dan kuantitatif dengan menggunakan pengambilan sampelsecara langsung dilapangan , melalui beberapa tahapan pelaksanaan penelitan : - Menamukan masalah. - Merumuskan masalah dengan konkrit. - Membaca hasil Penelitian sebelumnya yang relevan. - Membaca teori dan konsep yang telah ada. - Pengajuan hipotesis. - Merumuskan hubungan antar variabel. - Memilih strategi atau metode Penelitian. - Menentukan sampel (sampling) - Menyusun instrumen Penelitian - Uji instrumen Mengumpulkan data - Analisis data Pernyataan pada soal adalah salah karena tahap pengambilan sampel dan langsung terjun ke lapangan saling berkaitan. Pada tahap pengambilan sampelpeneliti harus secara teliti membuat definisi atau rumusan mengenai populasi yang akan dikaji. Kemudian, pada tahap ke lapangan meliputi pemilihan dan latihan para pewawancara, bimbingan dalam wawancara serta pelaksanaan wawancara. Ini dapat meliputi pula berbagai tugas yang berhubungan dengan pemilihan lokasi sampel dan juga pretesting daftar pertanyaan.

Ilmu sosiologi tidak jauh dengan kaitannya sebuah penelitian sosial yang merupakan penyelidikan tentang satu gejala sosial atau hubungan antara dua atau lebih gejala sosial melalui metode ilmiah. Yang bertujuan untuk dapat dipergunakan untuk memperluas informasi dan ilmu pengetahuan. Penelitian sosial biasanya melihat fenomena-fenomena yang ada dalam kehidupan masyarakat, dengan cara mengumpulkan data melalui dua metode baik kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung pada subject penelitaan dan kuantitatif dengan menggunakan pengambilan sampel secara langsung dilapangan , melalui beberapa tahapan pelaksanaan penelitan : 

- Menamukan masalah.
- Merumuskan masalah dengan konkrit.
- Membaca hasil Penelitian sebelumnya yang relevan.
- Membaca teori dan konsep yang telah ada.
- Pengajuan hipotesis. 
- Merumuskan hubungan antar variabel.
- Memilih strategi atau metode Penelitian.
- Menentukan sampel (sampling)
- Menyusun instrumen Penelitian
- Uji instrumen Mengumpulkan data
- Analisis data

Pernyataan pada soal adalah salah karena tahap pengambilan sampel dan langsung terjun ke lapangan saling berkaitan. Pada tahap pengambilan sampel peneliti harus secara teliti membuat definisi atau rumusan mengenai populasi yang akan dikaji. Kemudian, pada tahap ke lapangan meliputi pemilihan dan latihan para pewawancara, bimbingan dalam wawancara serta pelaksanaan wawancara. Ini dapat meliputi pula berbagai tugas yang berhubungan dengan pemilihan lokasi sampel dan juga pretesting daftar pertanyaan.undefined

Latihan Bab

Mengenal Penelitian Sosial

Masalah yang Diangkat dalam Penelitian Sosial

Syarat dan Kegunaan Penelitian Sosial

Sikap yang Harus Dihindari Seorang Peneliti

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

128

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam melakukan sebuah penelitian tentunya ada prosedur yang harus dilakukan.Jelaskan 6 (enam) prosedur yang harus dilakukan oleh seorang peneliti!

94

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia