Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pengambilan sampel dalam penelitian penting atau tidak?

Pengambilan sampel dalam penelitian penting atau tidak?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada suatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui karakteristik suatu populasi, masalah penggunan sampel merupakan sesuatu yang sangat penting.Pada umumnya untuk memperoleh informasi tentang karakteristik suatu populasi maka tidak perlu semua anggota populasi diobservasi, tetapi cukup hanya sebagiannya saja, sebagian anggota populasi tersebut disebut sampel.Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri-ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri-ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya.

pada suatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui karakteristik suatu populasi, masalah penggunan sampel merupakan sesuatu yang sangat penting. Pada umumnya untuk memperoleh informasi tentang karakteristik suatu populasi maka tidak perlu semua anggota populasi diobservasi, tetapi cukup hanya sebagiannya saja, sebagian anggota populasi tersebut disebut sampel. Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri-ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri-ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya.  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Penelitaian adalahproses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Pada penelitian peneliti memeiliki dua metode yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif untuk dapat mengambil sebuah data mereka melakukan pengambilan populasi sebagai sampel penelitian. Ada dua cara berskala besar yaitu : Probability sampling (random Sample) adalahsalah satu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pada pemilihan sampel ini dapat dilakukan secara acak, sistematis, memusat dan bertingkat sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Non- probability sampling (non-random sample) adalahteknik sampling yang memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan elemen-elemen sampel didasarkan pada kebijaksanaan peneliti sendiri. Maka dari itu pada suatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui karakteristik suatu populasi, masalah penggunan sampel merupakan sesuatu yang sangat penting. Pada umumnya untuk memperoleh informasi tentang karakteristik suatu populasi maka tidak perlu semua anggota populasi diobservasi, tetapi cukup hanya sebagiannya saja, sebagian anggota populasi tersebut disebut sampel.Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri-ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri-ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya.

Penelitaian adalah proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Pada penelitian peneliti memeiliki dua metode yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif untuk dapat mengambil sebuah data mereka melakukan pengambilan populasi sebagai sampel penelitian. Ada dua cara berskala besar yaitu : 

Probability sampling (random Sample) adalah  salah satu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pada pemilihan sampel ini dapat dilakukan secara acak, sistematis, memusat dan bertingkat sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. 

Non- probability sampling (non-random sample) adalah teknik sampling yang memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan elemen-elemen sampel didasarkan pada kebijaksanaan peneliti sendiri.

Maka dari itu pada suatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui karakteristik suatu populasi, masalah penggunan sampel merupakan sesuatu yang sangat penting. Pada umumnya untuk memperoleh informasi tentang karakteristik suatu populasi maka tidak perlu semua anggota populasi diobservasi, tetapi cukup hanya sebagiannya saja, sebagian anggota populasi tersebut disebut sampel. Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri-ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri-ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya.  

Latihan Bab

Mengenal Penelitian Sosial

Masalah yang Diangkat dalam Penelitian Sosial

Syarat dan Kegunaan Penelitian Sosial

Sikap yang Harus Dihindari Seorang Peneliti

127

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam proses pelaksanaan penelitian terdapat kegiatan mencari data di lapangan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian, kegiatan itu disebut...

31

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia