Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pendiri BPUPKI adalah...

Pendiri BPUPKI adalah...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

BPUPKI didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada.

BPUPKI didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), tujuan pendirian BPUPKI memiliki dua sisi kepentingan yaitu bagi Jepang dan Indonesia. Bagi Jepang, tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar membantu Jepang dalam perang melawan Sekutu dengan cara memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Bagi Indonesia tujuan didirikannya BPUPKI adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI merupakan badan yang dibentuk oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat beranggotakan 60 orang Indonesia dan 7 orang Jepang. BPUPKI ini ditugaskan untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Selama bertugas, BPUPKI melaksanakan sidang sebanyak 2 tahap, tahap pertama berlangsung pada 28 Mei- 1 Juni 1945 dan tahap kedua berlangsung pada 10-11 Juni 1945. Persidangan BPUPKI ini menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia yang disebut sebagai Pancasila. Dengan demikian, BPUPKI didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada.

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), tujuan pendirian BPUPKI memiliki dua sisi kepentingan yaitu bagi Jepang dan Indonesia. Bagi Jepang, tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar membantu Jepang dalam perang melawan Sekutu dengan cara memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Bagi Indonesia tujuan didirikannya BPUPKI adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. 

BPUPKI merupakan badan yang dibentuk oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat beranggotakan 60 orang Indonesia dan 7 orang Jepang. BPUPKI ini ditugaskan untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Selama bertugas, BPUPKI melaksanakan sidang sebanyak 2 tahap, tahap pertama berlangsung pada 28 Mei- 1 Juni 1945 dan tahap kedua berlangsung pada 10-11 Juni 1945. Persidangan BPUPKI ini menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia yang disebut sebagai Pancasila. 

Dengan demikian, BPUPKI didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada.

Latihan Bab

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Pembentukan Pemerintahan RI Pertama

Proklamator dan Tokoh Lainnya

Konsep Kilat

736

Bagas Fernanda

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada 7 September 1944, PM Koiso menjanjikan bahwa Indonesia akan diperkenankan merdeka. Tujuan janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia adalah agar rakyat Indonesia membantu Jepang melawan Sekutu d...

80

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia