Roboguru

Pertanyaan

Pembuatan telur asin di mana garam masuk ke dalam telur melewati membran sel telur termasuk difusi atau osmosis? Berikan alasan mana yang hipertonis mana yang hipotonis dan mengapa garam berpindah!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Transpor zat yang terjadi pada sel dapat melalui dua cara, yaitu transpor aktif dan transpor pasif. Transpor pasif adalah transpor pada membran sel yang tidak memerlukan energi, misalnya difusi dan osmosis. Transpor pasif ini dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya melalui peristiwa pembuatan telur asin. Pembuatan telur asin mengalami proses difusi dan osmosis. Difusi merupakan perpindahan molekul terlarut dari larutan berkonsentrasi tinggi menuju larutan yang berkonsentrasi rendah, sedangkan osmosis merupakan perpindahan molekul pelarut (air) dari larutan konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.

Dalam pembuatan telur asin, proses osmosis terjadi pada saat air di dalam telur keluar melalui pori-pori membran cangkang telur karena konsentrasi adonan abu gosok lebih tinggi daripada konsentrasi di dalam telur sehingga telur menjadi padat. Sedangkan proses difusi terjadi pada saat garam (zat terlarut) masuk ke dalam telur melewati membran cangkang telur karena konsentrasi di dalam telur lebih rendah daripada di luar (adonan abu gosok), sehingga telur menjadi asin. Pada keadaan sebelum terjadinya osmosis, kondisi di dalam telur merupakan bagian hipotonis (konsentrasi zat terlarut rendah), sedangkan kondisi di luar telur merupakan bagian hipertonis (konsentrasi zat terlarut tinggi).space Garam berpindah melalui difusi untuk menyamakan konsentrasi zat terlarut di luar dan dalam sel.

159

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah ini! Gambarkanlah kondisi akhir dari peristiwa di atas!

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia