Roboguru

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) berawal dari penolakan atas kebijakan pemerintah yang ingin membubarkan negara-negara bagian. Pemberontakan tersebut juga dilatarbelakangi oleh keinginan Republik Maluku Selatan menjadi negara ...

Pertanyaan

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) berawal dari penolakan atas kebijakan pemerintah yang ingin membubarkan negara-negara bagian. Pemberontakan tersebut juga dilatarbelakangi oleh keinginan Republik Maluku Selatan menjadi negara ...undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pemberontakan RMS muncul karena penolakan kebijakan pemerintah yang ingin membubarkan negara-negara bagian dan menyatukannya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemberontakan RMS dipelopori oleh Christian Robert Steven Soumokil mantan Jaksa Agung Negara Indonesia Timur (NIT). Pemberontakan RMS tidak hanya menentang pembubaran NlT, tetapi juga menghendaki Republik Maluku Selatan menjadi negara merdeka.

Dengan demikian, pemberontakan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan RMS menjadi negara merdeka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerakan Permesta memiliki persamaan dengan gerakan PRRI. Deskripsikan persamaan kedua gerakan tersebut!

Pembahasan Soal:

Munculnya Dewan Banteng, Dewan Gajah, serta Dewan Garuda di Sumatra memengaruhi situasi politik di daerah-daerah Indonesia bagian timur. Senada dengan tuntutan dari dewan-dewan di Sumatera, para politisi dan perwira milter yang berada di Sulawesi juga menuntut otonomi dan pembagian penghasilan antara pusat dan daerah secara adil. Beberapa daerah di Sumatra dan Sulawesi tidak puas dengan pembagian alokasi biaya pembangunan dari pemerintah pusat. Kondisi inilah yang melatarbelakangi terbentuknya gerakan Permesta. 

Dengan demikian persamaan gerakan PRRI dengan Permesta adalah menuntut pemerataan pembangunan di daerah luar Jawa. 

0

Roboguru

Pemberontakan Andi Aziz memperoleh respons cepat dari pemerintah Indonesia. Jelaskan upaya pemerintah menumpas pemberontakan Andi Aziz!

Pembahasan Soal:

Pemerintah RIS segera bertindak mengatasi pemberontakan yang dilakukan kelompok Andi Aziz. Pada 8 April 1950 pemerintah Indonesia mengeluarkan perintah bahwa dalam waktu 4 x 24 jam Andi Aziz harus melaporkan diri kepada pemerintah RIS. Pada saat bersamaan pemerintah Indonesia mengirim pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Alexander Evert Kawilarang.

Dengan demikian upaya pemerintah menumpas pemberontakan Andi Azis adalah dengan pengiriman pasukan militer dibawah komando Kolonel A.E. Kawilarang.

0

Roboguru

Apa yang di maksud dengan ancaman eksternal?

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan, Indonesia masih harus berjaga-jaga dari ancaman yang dapat mengoyahkan integritas bangsa. Ancaman tersebut dapat berupa ancaman internal maupun eksternal. Ancaman internal artinya ancaman yang datang dari dalam negara, contohnya perang saudara. Sedangkan ancaman eksternal yaitu ancaman yang berasal dari luar negeri. contoh: agresi, spionase, sabotase, pelanggaran wilayah oleh negara lain, aksi teror melalui jaringan internasional.

Dengan demikian, ancaman eksternal yaitu ancaman yang berasal dari luar negeri.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Operasi militer yang dilakukan untuk menumpas pemberontakan PRRI ditunjukkan oleh kombinasi ...

Pembahasan Soal:

Pada 18 Februari 1958 Dewan Menteri memutuskan memberi kuasa kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal A.H. Nasution untuk menumpas pemberontakan PRRI. Pemerintah bersama KSAD pun memutuskan untuk melakukan operasi militer. Operasi milter tersebut dibagi menjadi Operasi Tegas, Operasi 17 Agustus, Operasi Saptamarga, Operasi Sadar, dan Operasi Merdeka.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Keberadaan Dewan Banteng, Dewan Gajah, serta Dewan Garuda di Sumatra mendorong para politisi dan perwira milter di Sulawesi untuk turut menuntut pemerintah pusat. Para politisi tersebut menuntut ... d...

Pembahasan Soal:

Setelah pembentukan dewan-dewan daerah pada 10 Februari 1958 Letkol Ahmad Husein mengeluarkan ultimatum agar Kabinet Djuanda mundur. Akan tetapi, pemerintah pusat tidak menanggapi isi ultimatum tersebut. Selain itu, para tokoh PRRI juga mendesak untuk pemerataan pembangunan yang adil di daerah-daerah luar Jawa.

Dengan demikian setelah pembentukan dewan daerah para politisi menuntut pembubaran kabinet Djuanda dan pemerataan pembangunan yang adil.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved