Roboguru

Pembentukan jagat raya menurut Teori Big Bang menyatakan bahwa jagat raya diawali dengan ....

Pertanyaan

Pembentukan jagat raya menurut Teori Big Bang menyatakan bahwa jagat raya diawali dengan ....space 

  1. zat baru diciptakan dan menggantikan zat yang hilang 

  2. adanya ledakan besar dan mengembang 

  3. planet sudah ada sejak dulu dan selamanya 

  4. bintang mengembang dan terjadi pembaruan 

  5. adanya siklus materi dan diawali dengan masa ekspansi 

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang atau dentuman besar mengemukakan bahwa alam semesta berawal dari massa tunggal yang menyimpan suhu tinggi dengan energi yang besar. Besarnya energi dan tingginya suhu mengakibatkan terjadinya ledakan besar yang menghancurkan massa tunggal menjadi serpihan yang menjauh dari pusat ledakan. Serpihan tersebut kemudian membentuk galaksi dan tata surya.

Jadi jawaban yang benar adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan dan persamaan teori-teori tentang terbentuknya jagat raya.

Pembahasan Soal:

Saat ini terdapat beberapa teori tentang terbentuknya jagat raya. Teori tersebut di antaranya adalah Teori Big Bang, Teori Ekspansi dan Kontraksi, serta Teori Steady State. Di antara ketiga teori tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaan.

Persamaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Ketiga teori berpendapat bahwa terjadi suatu proses yang menyebabkan jagat raya tetap ada hingga saat ini.
  • Teori Big Bang dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama beranggapan bahwa jagat raya terbentuk karena adanya materi yang mengembang dari suatu kondisi yang mulanya sangat padat.
  • Teori Steady State dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama berpendapat bahwa terdapat siklus yang berulang yang terjadi di jagat raya.

Perbedaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Teori Steady State, beranggapan bahwa jagat raya tidak mengalami perubahan dan akan terus sama. Hal tersebut dikarenakan adanya siklus pembentukan materi baru yang menggantikan galaksi yang terus menjauh. Anggapan bahwa materi yang hancur akan terus diperbarui, maka teori ini tidak menganggap adanya peristiwa awal atau akhir dari jagat raya.
  • Teori Big Bang menganggap bahwa terdapat proses awal mula jagat raya, yaitu dari suatu massa tunggal yang sangat padat kemudian mengalami dentuman besar dan terjadilah pengembangan alam semesta.
  • Teori Ekspansi dan Kontraksi beranggapan bahwa jagat raya memang sudah terbentuk melalui siklus, yang terdiri dari masa ekspansi yang menyebabkan terbentuknya galaksi, dan masa kontraksi yang membuat galaksi dan bintang-bintang menyusut. Siklus tersebut terus terjadi secara berulang.space 
Roboguru

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan Jagatraya adalah ....

Pembahasan Soal:

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan jagat raya adalah bahwa jagat raya berasal dari suatu massa yang meledak dan mengembang. Galaksi-galaksi pada jagatraya terus mengembang dan semakin lama semakin jauh dari pusat ledakan.

Menurut teori Big Bang, jagat raya terbentuk dari ledakan dahsyat yang terjadi kira-kira 13.700 juta tahun yang lalu. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet, debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya.

Roboguru

Bagainana proses terbentuknya bumi menurut teori Big Bang?

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang oleh mengyatakan bahwa terbentuknya alam semesta berasal dari ledakan mahadahsyat (Big Bang) dari benda yang sangat panas yang terus mengembang hingga saat ini. Ledakan tersebut diperkirakan sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Bukti yang mendukung teori ini yaitu adanya garis spektrum Galaxy makin jauh bergeser menuju ke arah menjauh serta radiasi gelombang mikro kosmis yang ditemukan pada 1964. Galaksi-galaksi yang bergerak saling menjauh saat ini diperkirakan memiliki jarak yang lebih dekat di masa lampau.space 

Roboguru

Mengapa teori ledakan besar saat ini dianggap paling sesuai untuk menjelaskan pembentukan jagat raya?

Pembahasan Soal:

Proses terbentuknya jagat raya menurut Teori Ledakan Dahsyat adalah  alam semesta mengembang dari keadaan awal yang sangat padat dan panas dan terus mengembang hingga sekarang sampai suatu massa yang meledak dan mengembang. Galaksi-galaksi pada jagat raya terus mengembang dan semakin lama semakin jauh dari pusat ledakan. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet, debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya. Teori ledakan besar (big bang) dianggap paling benar karena di buktikan adanya pergeseran merah atau yang disebut red shif dalam ilmu astronomi. Karena diselidik meskipun semua benda yang di jagat raya ini memiliki daya tarik gravitasi terhadap inti benda-benda di jagat raya ini malah bukannya saling mendekat tetapi bertahap mengalami gerak menjauh dari pusatnya, ini membuktikan layaknya sebuah ledakan yang terjadi pastinya benda-benda terlontar dan saling menjauh meski saat kini pusat dari alam semesta adalah Matahari. 

 

Roboguru

Ilmuwan yang mendukung Teori Big Bang sehingga dapat dikenal masyarakat dan menjadi teori pembentukan jagad raya yang lebih sering digunakan dalam berbagai literatur adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang pertama kali ditemukan oleh Abbe Georges Lemaitre, seorang kosmolog asal Belgia pada tahun 1920-an. Menurutnya, alam semesta ini mulanya berasal dari gumpalan superatom yang berbentuk bola api kecil dengan ukuran sangat kecil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved