Roboguru

Jelaskan proses pembentukan jagat raya berdasar pada Big Bang Theory.

Pertanyaan

Jelaskan proses pembentukan jagat raya berdasar pada Big Bang Theory.space

Pembahasan Soal:

Big Bang Theory menyatakan bahwa jagat raya merupakan kumpulan dari galaksi-galaksi yang saling berdekatan satu sama lain. Galaksi-galaksi ini berasal dari massa tunggal dengan energi yang sangat besar. Hal ini menimbulkan ledakan yang maha dahsyat terhadap galaksi tersebut dan akibatnya banyak materi yang bertebaran ke segala penjuru alam semesta dalam bentuk serpihan. Dan serpihan-serpihan tersebut terbentuk menjadi planet-planet dan benda langit lainnya.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Teori Dentuman Besar, jagat raya terbentuk karena ....

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Dentuman Besar atau Big Bang Theory, jagat raya berasal dari massa tunggal yang menyimpan suhu tinggi dan energi sangat besar. Besarnya energi dan suhu yang tinggi mengakibatkan adanya reaksi inti yang mengakibatkan ledakan besaryang menghancurkan massa tunggal menjadi serpihan-serpihan yang menjauh dari pusat ledakan tersebut membentuk banyak kelompok dan tata surya.

Jadi jawaban yang benar adalah D. 

1

Roboguru

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan jagat raya adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut teori Big Bang, jagat raya terbentuk dari ledakan dahsyat yang terjadi kira-kira 13.700 juta tahun yang lalu. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet, debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya.

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa jagat raya ini tidak bersifat statis. Semakin jauh jarak galaksi dari Bumi, semakin cepat proses pengembangannya (bersifat dinamis).

0

Roboguru

Menurut teori big bang, alam semesta saat ini terbentuk dari suatu ledakan yang sangat hebat. Teori ini dapat dijelaskan oleh rumus ....

Pembahasan Soal:

Dalam teori ledakan besar (big bang), pembentukan jagat raya ini diakibatkan oleh ledakan yang sangat dahsyat sehingga banyak materi akibat ledakan itu terlontar ke segala penjuru dalam bentuk serpihan. Teori ini dapat dijelaskan menggunakan rumus relativitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein, seorang fisikawan yang berasal dari Jerman.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Jagat raya terbentuk dari hasil ledakan karena adanya reaksi pada inti massa. Pernyataan ini adalah inti dari...

Pembahasan Soal:

Big bang theory pertama kali dikemukan oleh Abbe Georgeo Lemaitre tahun 1920-an yang menyebutkan bahwa pembentukan jagat raya berasal dari massa tunggal berupa gumpalan superatom yang berbentuk bola api kecil yang memiliki energi, dan suhu yang sangat besar. Gumpalan tersebut lama kelamaan memadat dan memanas hingga menyebabkan ledakan yang sangat besar hingga dapat menghancurkan massa tunggal. Dampak dari hancurnya massa tunggal tersebut menyebabkan banyak partikel/ serpihan yang tersebar ke alam semesta yang kemudian membentuk jagat raya.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Teori big bang menjelaskan terbentuknya jagat raya bermula dari massa gas yang tidak beraturan, panas, dan padat yang mengalami...

Pembahasan Soal:

Pada soal ini, kalian diminta untuk menjawab pertanyaan dari sebuah pernyataan teori big bang. Jawaban yang sesuai dari soal ini adalah mas agas yang tidak beraturan, panas, dan padat yang kemudian mengalami ledakan dahsyat dan mengembang. Karena pada teori ini, sesuai dengan namanya, yaitu big bang atau ledakan besar atau teori yang dikemukakan oleh Geogrge Lemaitre.
Sedangkan pada opsi b atau reaksi pada inti hydrogen adalah teori jagat raya mengembang dan memampat. Oleh karena itu, jawaban yang sesuai pada soal ini adalah opsi c.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved