Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dalam kelangsungan industri tersebut. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dalam kelangsungan industri tersebut.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep morfologi

  5. konsep diferensiasi area

Iklan

Y. Setyo

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jenderal Soedirman

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep geografi yang berkaitan dengan pernyataan pada soal adalah konsep aglomerasi. Aglomerasi merupakan kecenderungan pengelompokan suatu gejala atau fenomena di permukaan bumi. Hal ini disebabkan karenaadanya keterbatasan dalam pemilihan lokasi yang ideal. Maka sangat dimungkinkan akan munculnya pemusatan atau terkonsentrasinya industri pada suatu wilayah tertentu yang dikenal dengan istilah aglomerasi. Contohnya adalah pabrik gula dan perkebunan tebu dibangun di suatu tempat yang berdekatan untuk menekan biaya produksi dan keberlangsungan industri tersebut. Tebu yang masih berupa bahan mentah jika diangkut dari perkebunan ke pabrik gula dengan jarak yang dekat akan lebih hemat dan efisien baik dari segi waktu dan biaya transportasinya jika dibandingkan dengan lokasi yang jauh. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

Konsep geografi yang berkaitan dengan pernyataan pada soal adalah konsep aglomerasi. Aglomerasi merupakan kecenderungan pengelompokan suatu gejala atau fenomena di permukaan bumi. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan dalam pemilihan lokasi yang ideal. Maka sangat dimungkinkan akan munculnya pemusatan atau terkonsentrasinya industri pada suatu wilayah tertentu yang dikenal dengan istilah aglomerasi. Contohnya adalah pabrik gula dan perkebunan tebu dibangun di suatu tempat yang berdekatan untuk menekan biaya produksi dan keberlangsungan industri tersebut. Tebu yang masih berupa bahan mentah jika diangkut dari perkebunan ke pabrik gula dengan jarak yang dekat akan lebih hemat dan efisien baik dari segi waktu dan biaya transportasinya jika dibandingkan dengan lokasi yang jauh. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan aglomerasi?

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia