Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tsunami sebagai gejala alam dapat dikaji melalui konsep-konsep Geografi. Jelaskan konsep-konsep yang dapat memberikan sumbangan pada pengkajian tsunami dan dampak yang ditimbulkannya.

Tsunami sebagai gejala alam dapat dikaji melalui konsep-konsep Geografi. Jelaskan konsep-konsep yang dapat memberikan sumbangan pada pengkajian tsunami dan dampak yang ditimbulkannya.

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep yang berkaitan dengan tsunami dan dampak yang ditimbulkan adalah sebagai berikut. Konsep lokasi, ini berkaitan dengan dampak tsunami terhadap penduduk di pesisir, apabila lokasi pemukiman warga beradadi pesisirpantai maka dampak dari tsunami pun akan sangat besar. Konsep jarak , ini berkaitan dengan jarak jangkau dari tsunami terhadap kerusakan yang akan timbul. Semakin dekat dengan garis pantai maka kerusakan akibat tsunami pun akan semakin besar. Konsep morfologi , ini berkaitan dengan kerusakan yang akan timbul akibat tsunami. Ketika morfologi pantai bertebing maka dampak tsunami pun akan kecil begitupun sebaliknya. Konsep aglomerasi , hal ini berkaitan dengan kerusakan yang timbul akibat tsunami. Ketika tsunami terjadi maka perahu perahu nelayan akan hancur yang mengakibatkan mata pencaharian nelayan di daerah tersebut akan terganggu dan masyarakat pesisir akan kehilangan pekerjaan pokonya sebagai nelayan. Konsep diferensiasi area , ketika suatu wilayah memiliki pantai yang memiliki ekosistem mangrove maka dampak dari tsunami pun akan diminimalisir , berbeda dengan pantai yang tidak memiliki ekosistem magrove yang akan lebih besar dampak kerusakannya.

Konsep yang berkaitan dengan tsunami dan dampak yang ditimbulkan adalah sebagai berikut.

  1. Konsep lokasi, ini berkaitan dengan dampak tsunami terhadap penduduk di pesisir, apabila lokasi pemukiman warga berada di pesisir pantai maka dampak dari tsunami pun akan sangat besar.
  2. Konsep jarak, ini berkaitan dengan jarak jangkau dari tsunami terhadap kerusakan yang akan timbul. Semakin dekat dengan garis pantai maka kerusakan akibat tsunami pun akan semakin besar.
  3. Konsep morfologi, ini berkaitan dengan kerusakan yang akan timbul akibat tsunami. Ketika morfologi pantai bertebing maka dampak tsunami pun akan kecil begitupun sebaliknya.
  4. Konsep aglomerasi, hal ini berkaitan dengan kerusakan yang timbul akibat tsunami. Ketika tsunami terjadi maka perahu perahu nelayan akan hancur yang mengakibatkan mata pencaharian nelayan di daerah tersebut akan terganggu dan masyarakat pesisir akan kehilangan pekerjaan pokonya sebagai nelayan.
  5. Konsep diferensiasi area, ketika suatu wilayah memiliki pantai yang memiliki ekosistem mangrove maka dampak dari tsunami pun akan diminimalisir, berbeda dengan pantai yang tidak memiliki ekosistem magrove yang akan lebih besar dampak kerusakannya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hal-hal berikut! ruang lokasi jarak wilayah Istilah yang termasuk dalam konsep esensial geografi adalah ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia