Roboguru
SD

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ...

Pertanyaan

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut.
Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ...

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep morfologi

  5. konsep diferensiasi area

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa konsep dalam ilmu geografi:

  • Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.
  • Lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Aglomerasi adalah adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur.
  • Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi
  • Konsep deferensiasi area membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka konsep yang sesuai dengan pembangunan pabrik gula yang perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu adalah konsep aglomerasi, yang mana dapat dilihat adanya pengelompokan antara bahan baku dengan keberadaan pabrik guna menekan biaya produksi.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tsunami sebagai gejala alam dapat dikaji melalui konsep-konsep Geografi. Jelaskan konsep-konsep yang dapat memberikan sumbangan pada pengkajian tsunami dan dampak yang ditimbulkannya.

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia