Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep morfologi

  5. konsep diferensiasi area

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. 

Iklan

Pembahasan

Ada 10 konsep dalam ilmu geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut: Konsep Keterjangkauan , adalah konsep yang membahas tentang kemudahan akses suatu wilayah tertentu. Keterjangkauan inibisa dilihat dari jarak, biaya transportasi, hingga medan yang akan dilewati. Contohnya adalah pengiriman soal UN ke Papua mengalami keterlambatan karena kondisi jalanan yang rusak dan kondisi medan yang sulit untuk ditempuh. Konsep Lokasi , adalah konsep yang membahas mengenai suatu letak suatu objek yang ada di permukaan bumi. Contohnnya adalah SMA 17 Agustus berada di Jl. Tebet Dalam III, Jakarta Selatan Konsep Aglomerasi , adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokkan suatu fenomena yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalahpengelompokkan beberapa jenis kegiatan industri di Kawasan Industri Pulogadung. Konsep Morfologi , adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contohnya adalahKota Jakartayang memiliki kondisi fisik dataran rendah. Konsep Diferensiasi Area , adalah konsep yang membahas tentangperbedaan dari wilayah yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah mayoritas orang yang tinggal di wilayah pegunungan akan bekerja di bidang perkebunan, sementara mayoritasorang yang tinggal di wilayah pesisir pantai akan bekerja sebagai nelayan. Ilustrasi soal menjelaskan tentang keberadaan pabrik gula yang perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu. Kalimat tersebut menunjukkan adanya penerapan konsep lokasi, yakni lokasi dari pabrik gula dan perkebunan tebu.Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Ada 10 konsep dalam ilmu geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  1. Konsep Keterjangkauan, adalah konsep yang membahas tentang kemudahan akses suatu wilayah tertentu. Keterjangkauan ini bisa dilihat dari jarak, biaya transportasi, hingga medan yang akan dilewati. Contohnya adalah pengiriman soal UN ke Papua mengalami keterlambatan karena kondisi jalanan yang rusak dan kondisi medan yang sulit untuk ditempuh.
  2. Konsep Lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu letak suatu objek yang ada di permukaan bumi. Contohnnya adalah SMA 17 Agustus berada di Jl. Tebet Dalam III, Jakarta Selatan
  3. Konsep Aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokkan suatu fenomena yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah pengelompokkan beberapa jenis kegiatan industri di Kawasan Industri Pulogadung.
  4. Konsep Morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contohnya adalah Kota Jakarta yang memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  5. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas tentang perbedaan dari wilayah yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah mayoritas orang yang tinggal di wilayah pegunungan akan bekerja di bidang perkebunan, sementara mayoritas orang yang tinggal di wilayah pesisir pantai akan bekerja sebagai nelayan.

Ilustrasi soal menjelaskan tentang keberadaan pabrik gula yang perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu. Kalimat tersebut menunjukkan adanya penerapan konsep lokasi, yakni lokasi dari pabrik gula dan perkebunan tebu. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

222

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lokasi wilayah atau suatu objek yang ditetapkan berdasarkan garis astronomis disebut ....

175

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia