Roboguru

Pertanyaan

Pembangunan Lima Tahun yang dilaksanakan pemerintah Orde Baru pada dekade 1970-an dapat terlaksana dengan baik

SEBAB

Pada dekade 1970-an pemerintah Indonesia menikmati surplus ekonomi akibat harga minyak bumi yang tinggi di pasaran dunia

  1.  Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

A. Maryam

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada dekade 1970-an Indonesia berhasil melaksanakan Repelita I sesuai sasaran hingga mencapai surplus ekonomi. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan ini adalah pada dekade 1970-an terjadi kenaikan harga minyak yang mendorong Indonesia berhasil meraup keuntungan besar dan surplus ekonomi.

Pembahasan

Pernyataan benar karena pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun yang dikerjakan pemerintah Orde Baru pada dekade 1970-an dapat terlaksana dengan baik karena terlaksana sesuai sasaran. Rencana ini dikenal dengan Repelita I yang dilaksanakan mulai tanggal 1 April 1969 sampai 31 Maret 1974. Hal itu juga dibuktikan dengan naiknya hasil pertanian beras rata-rata 4% per tahun, ekspor ikan terutama udang pun naik rata-rata 62% per tahun, ekspor kayu juga menyumbang devisa terbesar kedua sesudah minyak.

Alasan benar karena pemerintah Indonesia meraup keuntungan akibat adanya kenaikan harga minyak pada dekade 1970-an. Pada masa yang sama, banyak ditemukan sumber-sumber minyak di daratan dan lepas pantai, antara lain di Kalimantan Timur dan di pantai utara Jawa Barat. Hal ini juga didukung dengan keadaan politik dunia yang saat itu diwarnai oleh boikot minyak yang dilakukan oleh Raja Faisal. Keadaan inilah yang kemudian meningkatkan harga minyak sehingga Indonesia berhasil mencapai surplus ekonomi pada dekade 1970-an.

Berdasarkan penjelasan diatas, pada dekade 1970-an Indonesia berhasil melaksanakan Repelita I sesuai sasaran hingga mencapai surplus ekonomi. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan ini adalah pada dekade 1970-an terjadi kenaikan harga minyak yang mendorong Indonesia berhasil meraup keuntungan besar dan surplus ekonomi.

174

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Lembaga-lembaga asing yang pernah menjadi donor tetap bagi pembangunan Indonesia adalah ... IGGI IMF CGI AFTA

337

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia