Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pembakaran hidrokarbon akan menghasilkan senyawa ....

Pembakaran hidrokarbon akan menghasilkan senyawa ....

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembakaran sempurna senyawahidrokarbon akanmenghasilkan gas karbon dioksida dan air, sedangkan pada pembakaran tidak sempurna akan dihasilkan pula jelaga (karbon) dan gas karbon monoksida.

pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan gas karbon dioksida dan air, sedangkan pada pembakaran tidak sempurna akan dihasilkan pula jelaga (karbon) dan gas karbon monoksida.

Iklan

Pembahasan

Senyawahidrokarbon jika dibakar artinya direaksikan dengan oksigen. Pembakaran sempurna senyawahidrokarbon akan menghasilkan gas karbon dioksida dan air, menurut persamaan berikut ini. Reaksi pembakaran hidrokarbon tidak selalu sempurna. Jika gas oksigen yang tersedia tidak mencukupi, maka terjadi reaksi pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan karbon (jelaga), gas karbon monoksida, gas karbon dioksida, dan uap air. Reaksinya sebagai berikut. C x ​ H y ​ + O 2 ​ → C + CO + CO 2 ​ + H 2 ​ O Jadi, pembakaran sempurna senyawahidrokarbon akanmenghasilkan gas karbon dioksida dan air, sedangkan pada pembakaran tidak sempurna akan dihasilkan pula jelaga (karbon) dan gas karbon monoksida.

Senyawa hidrokarbon open parentheses C subscript x H subscript y close parentheses jika dibakar artinya direaksikan dengan oksigen. Pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan gas karbon dioksida dan air, menurut persamaan berikut ini.

C subscript x H subscript y and O subscript 2 yields C O subscript 2 and H subscript 2 O 

Reaksi pembakaran hidrokarbon tidak selalu sempurna. Jika gas oksigen yang tersedia tidak mencukupi, maka terjadi reaksi pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan karbon (jelaga), gas karbon monoksida, gas karbon dioksida, dan uap air. Reaksinya sebagai berikut.

Jadi, pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan gas karbon dioksida dan air, sedangkan pada pembakaran tidak sempurna akan dihasilkan pula jelaga (karbon) dan gas karbon monoksida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Siti Nurhasanah

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan reaksi pembakaran gas propana berikut! aC 3 ​ H 8 ​ + bX 2 ​ → cY + dZ Diketahui a, b, c, dan d merupakan koefisien reaksi pembakaran gas propana. Senyawa X, Y, dan Z yang tepat u...

6

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia