Roboguru

Peletak dasar pemerintahan kekaisaran Romawi adalah kaisar ...

Pertanyaan

Peletak dasar pemerintahan kekaisaran Romawi adalah kaisar ... 

  1. Marc Octavianus undefined

  2. Antonius undefined

  3. Lepidus undefined

  4. Theodosius undefined

  5. Konstantinus undefined

Pembahasan Soal:

Dinamika politik Romawi terbagi menjadi tiga, yakni Kerajaan Romawi, Republik Romawi, dan Kekaisaran Romawi. Kekaisaran Romawi berdiri antara tahun 31 SM-1453 M dan mencapai puncak kejayaannya pada masa Kaisar Octavianus (31 SM-14 SM). Pada masa Kaisar Octavianus, tercipta kestabilan dan kemakmuran di wilayah Imperium Romawi. Kaisar Octavianus juga disebut sebagai peletak dasar Kekaisaran Romawi. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini ! mengakhiri perang saudara yang berkepanjangan menciptakan kedamaian, kesejahteraan dan kemasyuran memiliki wilayah kekuasaan yang luas memerintah dengan kedik...

Pembahasan Soal:

Kaisar Augustus meninggalkan warisan besar kepada rakyat Romawi diantara adalah mampu mengakhiri perang saudara yang berkepanjangan, menciptakan kedamaian, kesejahteraan dan kemasyuran di wilayah Romawi, memiliki wilayah yang luas yang membentang di seluruh Eropa, Afrika dan Mediterania. Pada periode ini dikenal sebagai Pax Romana atau periode kedamaian di Romawi yang berlangsung dari tahun 27 SM-180 M.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawabannya adalah A

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! senat memberikan kekuasaan sebagai konsul dan tribun seumur hidup memberikan kuasa sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata, sebagai sensor dan senat mem...

Pembahasan Soal:

Kaisar Octavianus yang kemudian bergelar Augustus memerintah dari tahun 63 SM-14 M yang merupakan kaisar pertama dari Imperium Romawi yang paling berpengaruh. Banyak kekuasaan yang diberikan oleh senat pada Augustus yaitu memberikan kekuasaan sebagai konsul, tribun seumur hidup, sebagai panglima tertinggi dari angkatan bersenjata, sebagai sensor dan senat lalu memberikan kekuasaan untuk mengontrol kekuasaan dan mengepalai senat. selain itu, memberikan hak untuk meratifikasi perjanjian, bernegosiasi dengan pemimpin asing serta mengendalikan Pontifex Maximus atau mengendalikan lembaga keagamaan.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawabannya adalah E

0

Roboguru

Sebutkan masing-masing 5 raja yang sangat berpengaruh di peradaban Mesopotamia, Mesir, dan Romawi !

Pembahasan Soal:

Raja dikenal sebagai orang yang mengepalai dan memerintah suatu bangsa atau negara serta memiliki kekuasaan atau pengaruh yang besar dalam lingkungannya.
Berikut ini merupakan beberapa contoh raja yang memiliki pengaruh besar dalam peradaban Mesopotamia, Mesir dan Romawi,

  • Peradaban Mesopotamia
  1. Raja Sargon Agung (2200-2275 SM)
    Menurut prasasti-prasasti yang dibuatnya sendiri, Sargon memperluas kekuasaan melampaui Mesopotamia (Selatan dan Utara) serta menguasai akses ke rute-rute perdagangan utama, baik darat maupun laut. Dibawah kekuasaannya, Mesopotamia mengalami kestabilan. Hal tersebut memungkinkan berkembangnya seni, sastra, sains, irigasi dan pertanian, infrastruktur jalan, perdagangan lintas wilayah, serta agama. Kerajaan Akaddia pada masa pemerintahan Raja Sargon juga mencipatakan sistem pos pertama. Barang-barang yang akan dikirim dibungkus amplop yang terbuat dari lempengan-lempengan tanah liat. Lempengan tersebut disertai dengan tulisan nama dan alamat penerima serta segel atau cap pengirim.
  2. Raja Naram-Sin (2261-2224 SM)
    Seperti pendahulu-pendahulunya, ia menghadapi berbagai macam pemberontakan dari negara-negara kota bawahannya, tetapi berhasil dipadamkan. Selama masa pemerintahannya, ia memperluas wilayah kekuasaan hingga Teluk Persia dan Mesir, serta meningkatkan perdagangan. Sebuah prasasti menulis tentang kemenangannya melawan Satuni seorang Raja Lullubi.
  3. Raja Ur-Nammu (2112-2095 SM)
    Pemerintahannya diawali dengan menaklukan Bangsa Guti. Selain itu pencapaian penting lain Ur-Nammu adalah membuat undang-undang Ur-Nammu, membangun beberapa zigurat salah satunya Zigurat Agung Ur, serta menghidupkan kembali penggunaan bahasa dan identitas Sumeria yang nyaris punah akibat tergerus pengaruh budaya Bangsa Semit.
  4. Raja Hammurabbi (1792-1750 SM)
    Wilayah kekuasaan Hammurabbi meliputi wilayah Sumero-Akkadia, Mesopotamia Selatan, Mesopotamia Utara, Pegunungan Zagros di Persia, wilayah sekitar Teluk Persia, Asia Kecil, sampai ke Sungai Khabur di Suriah. Selain itu Raja Hammurabbi juga dikenal cakap dalam urusan birokrasi. Ia  menetapkan pajak dan memberlakukan pemerintahan yang terpusat. Pada masa Hammurabbi pula, nama babilonia menjadi semacam sebutan pengganti untuk wilayah Mesopotamia. Walaupun banyak menaklukkan kerajaan-kerajaan lain, Hammurabbi lebih dikenal karena pada masa pemerintahannya dibuat kode atau hukum tertulis yang disebut Piagam Hammurabi (Codex Hammurabbi).
  5. Raja Nebukadnezar II atau Nebukadnezar Agung (604-561 SM)
    Nebukadnezar adalah raja termashur Babilonia Baru. Kekuasannya meliputi Babilonia, Asyur, Phoenicia, Israel, Philistina, Jazirah Arab bagian Utara, dan sebagian Asia kecil. Selain itu Raja Nebukadnezar pun mengembangkan bidang arsitektur dengan membangun kembali kota-kota di Babilonia dengan megah. Salah satu bangunan megah yang terkenal diantara nya adalah Taman Gantung Babilonia.
  • Peradaban Mesir
  1. Firaun Menes (3050-2686 SM)
    Berhasil mempersatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir.
  2. Firaun Djoser (2686-2181 SM)
    Terjadinya perkembangan dalam bidang teknologi, arsitektur dan seni. Ia mampu membiayai pembangunan projek-projek kolosal seperti Piramida Giza dan Sfinks Agung.
  3. Firaun Mentuhotep II (2046-1995 SM)
    Berhasil mengembalikan kesejahteraan dan kestabilan negara. Hal ini mendukung kebangkitan seni, sastra dan proyek pembangunan monumen.
  4. Firaun Amenhotep IV (1350-1334 SM)
    Ia melakukan reformasi yang radikal. Membangun penghayatan dan ritus keagamannya sendiri, serta mengubah namanya menjadi Akhenaten. Akhenaten memuja dewa matahari Aren sebagai dewa tertinggi dan melarang pemujaan dewa-dewa lain. Ia juga memindahkan ibu kota dari Thebe ke Akhetaten.
  5. Firaun Ramses II (1279-1213 SM)
    Pada masa pemerintahan Ramses II atau Ramses Agung banyak sekali dibangun banyak kuil, patung-patung dan obelisk. Sebagai pemimpin militer yang berani, Ramses II memimpin tentaranya melawan Bangsa Het dari Asia Kecil dalam Pertempuran Kadesh (1274 SM). Pertempuran tersebut berakhir ditandai dengan adanya perjanjian damai antara Ramses II dan Hattusili III (Raja Het) sekitar tahun 1258 SM.
  • Peradaban Romawi
  1. Kaisar Octavianus (63 SM-14 M)
    Octavianus yang bergelas Augustus adalah Kaisar Romawi pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Warisan besar Augustus adalah mengakhiri perang saudara berkepanjangan serta menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemashyuran selama sekitar 207 tahun di Kekaisaran Romawi yang dikenla dengan sebutan Pax Romana. Wilayah kekuasaannya membentang sampai ke Mediterania, Afrika, dan hampir seluruh Eropa.
  2. Kaisar Claudius (41-54)
    Claudius adalah seorang administrator yang baik dan juga kaisar pembangunan. ia membangun banyak jalan baru, terowongan air, gedung-gedung besar, pelabuhan, serta kanal di seluruh Eropa. Di bawah Claudius pula, Inggris berhasil ditaklukkan. Dia juga membuat sistem pengadilan menjadi lebih adil serta memberi lebih banyak hak kepada para budak.
  3. Kaisar Trajanus (98-117)
    Pada masa pemerintahannya, Romawi mencapai wilayah terluasnya. Trajanus terkenal karena program alimenta, yaitu memberikan subsidi pangan, sandang, serta pendidikan gratis bagi anak yatim dan anak-anak miskin.
  4. Kaisar Konstantinus (306-337)
    Ia terkenal karena tiga hal. Pertama, menyatukan wilayah Timur ke dalam satu pusat kekuasaan, yaitu Konstantinopel. Kedua, menjadi kaisar pertama yang memeluk agama Kristen. Ketiga, mengakhiri penganiayaan terhadap para penganut agama selain agama pagan yang dianut oleh bangsa Romawi sebelumnya, dengan mengeluarkan Edik Milan pada tahun 313. Isinya adalah menjamin kebebasan beragama kepada semua orang.
  5. Kaisar Theodorius I (379-395)
    Kaisar terakhir yang memerintah baik wilayah Romawi Timur maupun Romawi Barat, karena setelah kematiannya kelak kedua wilayah kekaisaran itu terpisah secara permanen. Selain itu juga Kaisar Theodorius I menetapkan agama Kristen sebagai agama resmi Romawi.

Dengan demikian raja-raja dari Peradaban Mesopotamia meliputi Raja Sargon Agung, Naram-Sin, Ur-Nammu, Hammrabbi, Nebukadnezar II. Sementara raja-raja dari Peradaban Mesir Kuno meliputi Firaun Menes, Djoser, Mentuhotep II, Amenhotep IV, Ramses II. Sedangkan raja-raja dari Peradaban Romawi meliputi Kaisar Octavianus, Claudius, Trajanus, Konstantinus, Theodorius II.

0

Roboguru

Penghancuran catatan-catatan sejarah bangsa Romawi dilakukan oleh….

Pembahasan Soal:

Dugaan para ahli menyatakan bahwa bangsa Romawi sudah mencatat peristiwa-peristiwa yang beserta daftar raja yang berkuasa pada masa itu, namun ketika terjadi pertempuran dengan bangsa Galia yang berasal dari wilayah Perancis (jika ditinjau pada saat ini) yaitu pada 390 SM ternyata juga ikut menghancurkan catatan-catatan sejarah.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawabannya adalah C

0

Roboguru

Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh penduduk asli yang tinggal di Italia bagian utara adalah...

Pembahasan Soal:

penduduk asli dari peradaban Romawi bertempat tinggal di Italia bagian Utara yang tanahnya berupa pegunungan Aeonia yaitu dataran rendah yang sempit dan memanjang pada aliran sungai. Masyarakat bergantung kepada pertanian, berburu dan menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved