Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pelayaran Pertama Columbus Pulau-pulau Asia di dekat China dan India terkenal dengan rempah-rempah dan emas mereka, sehingga menjadikannya tujuan yang menarik bagi orang Eropa. Sejak dominasi Muslim atas rute perdagangan melalui Timur Tengah membuat perjalanan ke arah timur menjadi sulit, Columbus merancang sebuah rute untuk berlayar ke barat melintasi Atlantik untuk mencapai Asia, karena percaya akan lebih cepat dan lebih aman. Dia memperkirakan Bumi menjadi sebuah bola dan jarak antara Kepulauan Canary dan Jepang menjadi sekira 2.300 mil. Banyak ahli bahari kontemporer tidak sejutu dengan klaim jarak itu. Pada Agustus 1492, Columbus meninggalkan Spanyol dan menginjakkan kaki di sebuah pulau di Bahamas. Di sana, ia bertemu dengan penduduk asli yang pemalu, namun ramah, terbuka untuk berdagang dengan para pelaut. Sebanyak 39 orang tinggal untuk menempati pemukiman itu. Yakin penjelajahannya telah sampai di Asia, dia berlayar pulang dengan dua kapal yang tersisa. (Sumber: https://www.kompasiana.com/fatwa/55295a536ea834286a8b456f/christoper-colombus-penemu-dunia-baru-benua-amerika) Berdasarkan wacana di atas dapat disimpulkan bahwa latar belakang masuknya bangsa Barat ke dunia Timur adalah…

Pelayaran Pertama Columbus

Pulau-pulau Asia di dekat China dan India terkenal dengan rempah-rempah dan emas mereka, sehingga menjadikannya tujuan yang menarik bagi orang Eropa. Sejak dominasi Muslim atas rute perdagangan melalui Timur Tengah membuat perjalanan ke arah timur menjadi sulit, Columbus merancang sebuah rute untuk berlayar ke barat melintasi Atlantik untuk mencapai Asia, karena percaya akan lebih cepat dan lebih aman. Dia memperkirakan Bumi menjadi sebuah bola dan jarak antara Kepulauan Canary dan Jepang menjadi sekira 2.300 mil. Banyak ahli bahari kontemporer tidak sejutu dengan klaim jarak itu. Pada Agustus 1492, Columbus meninggalkan Spanyol dan menginjakkan kaki di sebuah pulau di Bahamas. Di sana, ia bertemu dengan penduduk asli yang pemalu, namun ramah, terbuka untuk berdagang dengan para pelaut. Sebanyak 39 orang tinggal untuk menempati pemukiman itu. Yakin penjelajahannya telah sampai di Asia, dia berlayar pulang dengan dua kapal yang tersisa.

(Sumber: https://www.kompasiana.com/fatwa/55295a536ea834286a8b456f/christoper-colombus-penemu-dunia-baru-benua-amerika)

 

Berdasarkan wacana di atas dapat disimpulkan bahwa latar belakang masuknya bangsa Barat ke dunia Timur adalah…

  1. Membuktikan bahwa bumi itu bulat

  2. Mencari kekayaan

  3. Menyebarkan agama

  4. Memperluas wilayah kekuasaan

  5. Jatuhnya Konstatinopel ke tangan Turki Usmani

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah E.

jawaban yang paling tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ada beberapa latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timuryaitu jatuhnya Konstantinopel sebagai kota pusat perdaganganke tangan Turki Usmani pada tahun 1453, penemuan teknologikelautan yang mendukung pelayaran dan penjelajahan samudera bangsa Eropa, adanya semangat untuk meneruskan Perang Salib, dan kebutuhan rempah-rempah bangsa Eropa yang sangat tinggi. Berdasarkan wacana di atas, maka yang merupakanlatar belakang bangsa Eropa masuk kedunia Timur yaitu jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E.

Ada beberapa latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur yaitu jatuhnya Konstantinopel sebagai kota pusat perdagangan ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453, penemuan teknologi kelautan yang mendukung pelayaran dan penjelajahan samudera bangsa Eropa, adanya semangat untuk meneruskan Perang Salib, dan kebutuhan rempah-rempah bangsa Eropa yang sangat tinggi. Berdasarkan wacana di atas, maka yang merupakan latar belakang bangsa Eropa masuk ke dunia Timur yaitu jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E.

Konsep Kilat

Perebutan Hegemoni Bangsa Barat

Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

jamilahsriandari

Jelas sumber dan anslusanya

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel berikut! Beberapa ilmuwan yang secara tidak langsung menginspirasi aktivitas penjelajahan samudra bangsa-bangsa Eropa ditunjukkan oleh kombinasi ...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia