Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa perkembangan paham merkantilisme dikatakansebagai salah satufaktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaransamudra?

Mengapa perkembangan paham merkantilisme dikatakan sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran samudra?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paham merkantilisme menyebabkan bangsa Eropa mempunyai motivasi untuk menambah kekayaannya, bahkan dengan cara mengambil sumber daya dari luar Eropa. Hal inilah yang menyebabkanpaham merkantilismedikatakansebagai salah satufaktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaransamudra.

paham merkantilisme menyebabkan bangsa Eropa mempunyai motivasi untuk menambah kekayaannya, bahkan dengan cara mengambil sumber daya dari luar Eropa. Hal inilah yang menyebabkan paham merkantilisme dikatakan sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran samudra.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Merkantilisme adalah teori ekonomiyangmenyatakan kesejahteraansuatunegara ditentukan oleh banyaknya aset yang dimiliki serta besarnyavolumeperdagangan antarnegara.Aset yang dimaksud adalahmineral berharga,sepertiemas, perak,dan komoditas lainnya.Modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan ekspor danmenurunkan impor. Merkantilisme berkembang padaabad ke-15 hingga 17di Eropa. Negara-negara yang menganut aliran ini di antaranya adalahInggris,Prancis, Portugal, Spanyol,dan Belanda. Pada awalnya, mereka berdagang dengansesamabangsaEropa.Untuk mencapai tujuan tersebut,merekaberupaya memonopoli jalur perdagangan penting di Eropa. Dalam perkembangannya, mereka mengarahkan perhatiannyapadasumber-sumberlogam mulia dan komoditas-komoditas berharga lain di luarEropa. Hal inilah yang memicu mereka melakukan penjelajahan samudra. Dengan demikian, paham merkantilisme menyebabkan bangsa Eropa mempunyai motivasi untuk menambah kekayaannya, bahkan dengan cara mengambil sumber daya dari luar Eropa. Hal inilah yang menyebabkanpaham merkantilismedikatakansebagai salah satufaktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaransamudra.

Merkantilisme adalah teori ekonomi yang menyatakan kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya aset yang dimiliki serta besarnya volume perdagangan antarnegara. Aset yang dimaksud adalah mineral berharga, seperti emas, perak, dan komoditas lainnya. Modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan ekspor dan menurunkan impor. 

Merkantilisme berkembang pada abad ke-15 hingga 17 di Eropa. Negara-negara yang menganut aliran ini di antaranya adalah Inggris, Prancis, Portugal, Spanyol, dan Belanda. Pada awalnya, mereka berdagang dengan sesama bangsa Eropa. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka berupaya memonopoli jalur perdagangan penting di Eropa. Dalam perkembangannya, mereka mengarahkan perhatiannya pada sumber-sumber logam mulia dan komoditas-komoditas berharga lain di luar Eropa. Hal inilah yang memicu mereka melakukan penjelajahan samudra.

Dengan demikian, paham merkantilisme menyebabkan bangsa Eropa mempunyai motivasi untuk menambah kekayaannya, bahkan dengan cara mengambil sumber daya dari luar Eropa. Hal inilah yang menyebabkan paham merkantilisme dikatakan sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran samudra.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Valentino Nurmawan

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Erlambang G Patriya

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel berikut! Beberapa ilmuwan yang secara tidak langsung menginspirasi aktivitas penjelajahan samudra bangsa-bangsa Eropa ditunjukkan oleh kombinasi ...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia