Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pelaku tindak kejahatan sindikat penculikan bayi yang sudah beroperasi selama dua tahun ditangkap dan diberi hukuman berat. Lembaga yang berwenang menjatuhkan hukuman kepada terdakwa tersebut adalah ......

Pelaku tindak kejahatan sindikat penculikan bayi yang sudah beroperasi selama dua tahun ditangkap dan diberi hukuman berat. Lembaga yang berwenang menjatuhkan hukuman kepada terdakwa tersebut adalah ......

  1. kejaksaan

  2. pengadilan

  3. kepolisian

  4. pemerintah

  5. hukum

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengadilan merupakan lembaga yang bertugas untuk memberikan hukuman dan menjatuhkan tindak pidanan kepada masyarakat yang terbukti melakukan kejahatan. Seperti kejahatan sindikat penculikan bayi yang sudah beroperasi selama dua tahun. Lembaga pengadilan ini memproses hukum sesuai dengan prosedur yaitu harus ada orang yang melaporkan dengan bukti nyata dan kuat. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Kejaksaan merupakan lembaga yang berwenang untuk menuntut suatu tindakan-tindakan pidana yang dilakukan oleh masyarakat, lembaga iniberwenang untuk memutuaskan perkara yang termasuk pidana atau bukan. Kepolisian merupakan lembaga aparat negara yang berwenang untuk menangkap pelaku-pelaku tindak pidana yang meresahkan masyarakat. karena lembaga ini bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Pemerintah merupakan lembaga yang mengatur suatu negara secara administrasi dan mengatur kehidupan masyarakat secara umum. Hukum merupakan lembaga yang mengatur perilaku-perilkau masyarakat agar bertindak sesuai aturan masyarakat atau negara.

Pengadilan merupakan lembaga yang bertugas untuk memberikan hukuman dan menjatuhkan tindak pidanan kepada masyarakat yang terbukti melakukan kejahatan. Seperti kejahatan sindikat penculikan bayi yang sudah beroperasi selama dua tahun. Lembaga pengadilan ini memproses hukum sesuai dengan prosedur yaitu harus ada orang yang melaporkan dengan bukti nyata dan kuat.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Kejaksaan merupakan lembaga yang berwenang untuk menuntut suatu tindakan-tindakan pidana yang dilakukan oleh masyarakat, lembaga iniberwenang untuk memutuaskan perkara yang termasuk pidana atau bukan.
  • Kepolisian merupakan lembaga aparat negara yang berwenang untuk menangkap pelaku-pelaku tindak pidana yang meresahkan masyarakat. karena lembaga ini bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
  • Pemerintah merupakan lembaga yang mengatur suatu negara secara administrasi dan mengatur kehidupan masyarakat secara umum.
  • Hukum merupakan lembaga yang mengatur perilaku-perilkau masyarakat agar bertindak sesuai aturan masyarakat atau negara.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sesuai dengan Peraturan Daerah No.8/2005 Pasal 4 ayat 2 kota Tangerang melarang perbuatan asusila di depan umum. Jika terjadi pelanggaran maka lembaga yang berperan mengendalikan adalah ....

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia