Roboguru

Pelajaran yang dapat dipetik dari cuplikan tersebut adalah....

Pertanyaan

Pelajaran yang dapat dipetik dari cuplikan tersebut adalah....undefined 

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur intrinsik adalah amanat. Amanat adalah pelajaran atau pesan yang dapat diambil dari sebuah cerita. Pelajaran yang dapat dipetik dari cuplikan tersebut adalah kita tidak boleh mengolok-ngolok teman karena hal itu dapat membuatnya marah atau menyakiti hatinya.

Dengan demikian, amanat pada cuplikan tersebut adalah kita tidak boleh mengolok-ngolok teman karena hal itu dapat membuatnya marah atau menyakiti hatinya.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cuplikan tersebut menyampaikan pesan bahwa ...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek atau cerpen adalah karya sastra berupa prosa yang berisi cerita dengan jumlah kurang dari 10.000 kata. Cerpen memiliki ciri hanya berfokus pada satu tokoh utama dominan dan satu permasalahan saja. Dalam suatu cerpen, terdapat unsur-unsur yang membangun cerita. Unsur tersebut terdiri atas unsur intrinsik (dalam cerita) dan unsur ekstrinsik (luar cerita). Amanat merupakan salah satu unsur intrinsik cerpen yang berisi pesan moral yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui cerpen.

Berdasarkan kutipan di atas, cerpen tersebut mengandung pesan moral, yaitu perlunya bersikap hormat kepada setiap orang. Hal ini dijelaskan dalam kalimat terakhir kutipan, yaitu "Ingat, kita harus memperlakukan setiap orang dengan sayang dan hormat, sebab meskipun telah memohon maaf dan dimaafkan, luka di hati tidak akan pernah hilang."

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Peristiwa tersebut mengandung pesan tentang ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita.

Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut.

  • Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).
  • Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. 
  • Penokohan: Cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh.
  • Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
  • Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.    
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Peristiwa tersebut mengandung pesan tentang pentingnya bersyukur. Hal ini terlihat dalam kalimat, "Saat menerimanya, ia berucap syukur berkali-kali seraya bersyukur kepada Tuhan."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut! "Begini Pak. Anak saya, Jati pagi tadi ketika pulang dari berjualan menemukan dompet ini Pak, dan di dalamnya ada identitas nama Bapak dan sejumlah uang...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai- nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Amanat pada kutipan teks drama di atas adalah jangan pernah mengambil barang yang bukan hak! Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Pesan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

     Cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam (dibaca sekali duduk). Cerita pendek dibentuk oleh sejumlah unsur. Adapun unsur cerpen tersebut dapat disingkat menjadi PT SALAG yaitu sebagai berikut.

  • Penokohan merupakan cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Berikut cara penggambaran karakter tokoh.

           1. Teknik analitik langsung
           2. Penggambaran fisik dan perilaku tokoh.
           3. Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
           4. Penggambaran tata kebahasaan tokoh
           5. Pengungkapan jalan pikiran tokoh
           6. Penggambaran oleh tokoh lain

  • Tema, yaitu gagasan yang menjalin unsur cerita. Tema cerita menyangkut segala persoalan.
  • Sudut pandang (point of view), yaitu cara pandang pengarang dalam cerita. Sudut pandang tersebut bisa sebagai orang pertama (pelaku seperti, aku, kami), orang kedua (kamu), atau orang ketiga (pengamat cerita seperti, ia, penyebutan nama).
  • Alur, yaitu  jalan cerita yang dibuat oleh pengarang dalam menjalin kejadian secara beruntun dengan memerhatikan sebab-akibat sehingga merupakan satu kesatuan yang bulat.
  • Latar atau setting, yaitu tempat, situasi dan waktu terjadinya peristiwa yang ada dalam cerita itu.
  • Amanat, yaitu ajaran atau pesan yang hendak disampaikan pengarang dalam karyanya. Amanat pada cerpen khususnya bersifat tersirat (disembunyikan) pengarangnya dibalik peristiwa-peristiwa yang membentuk isi cerita.
  • Gaya bahasa. dalam cerita, penggunaan bahasa berfungsi untuk menciptakan suatu nada atau suasana persuasif serta merumuskan dialog yang mampu memerhatikan hubungan atau interaksi sesama tokoh.

    Di dalam soal, kita diminta untuk menganalisis amanat dalam cerpen yang berjudul Guru Karya Putu Wijaya. Cerpen tersebut menceritakan tentang seorang ayah yang kukuh dengan pendiriannya terhadap cita-cita anaknya. Tokoh ayah tidak mau anaknya menjadi seorang guru karena menurut pendapat dia profesi menjadi seorang guru bukanlah cita-cita. Maka dari itu, amanat dalam cerpen tersebut yaitu jangan memaksakan kehendak diri kepada orang lain.. Hal ini dapat dibuktikan pada kutipan cerpen berikut.

     Di desa juga, guru hidup nya bukan dari mengajar, tapi dari tani. Karena profesi guru itu gersang, boro-boro sebagai cita-cita, buat ongkos jalan saja kurang. Cita-cita itu harus tinggi, Taksu. Masak jadi guru? ltu cita-cita sepele banget, itu namanya menghina orang tua. Masak kamu tidak tahu? Mana ada guru yang punya rumah bertingkat. Tidak ada guru yang punya deposito dolar. Guru itu tidak punya masa depan. Dunianya suram. Kita tidur, dia masih saja utak-atik menyiapkan bahan pelajaran atau memeriksa PR. Kenapa kamu bodoh sekali mau masuk neraka, padahal kamu masih muda, otak kamu encer, dan biaya untuk sekolah sudah kami siapkan. coba, pikir lagi dengan tenang dengan otak dingin!"

     Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

“Bukan! Dia budakku,” kata gadis itu. Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu. Hatinya menangis. Ia tak berdaya menahan sakit hatinya. Ia berbisik memohon kepada Tuhan. Suatu hari, gadis itu tiba...

Pembahasan Soal:

Amanat merupakan  pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai- nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Penyampaian pesan selalu didasarkan tema dan tujuan yang telah ditetapkan penulis pada saat menyusun rancangan cerita. Dalam teks tersebut, amanat yang ingin disampaikan pengarang adalah (B) Kita tidak boleh menyakiti hati orangtua, terutama ibu. Hal ini terlihat dari dari kalimat “Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu dan Suatu hari, gadis itu tiba-tiba berubah menjadi batu…” Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved