Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pasangkan produk bioteknologi berikut dengan mikroorganisme yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Pasangkan produk bioteknologi berikut dengan mikroorganisme yang digunakan dalam proses pembuatannya.space space space 

  1. . . . .space space space 

  2. . . . .space space space 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup untuk membantu pekerjaan atau menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia. Pasangan produk bioteknologi dan mikroorganisme pembuatannya yang benar adalah sebagai berikut: a. Jagung Bt - j. Bacillus thuringiensis. Jagung Bt adalah jagung hasil rekayasa genetik yang telah disisipi gen dari bakteri Bacillus thuringiensis . Gen yang diambil dari bakteri tersebut adalah gen penyandi protein Bt (delta endotoksin) yang dapat membunuh larva hama Lepidoptera. b. Yogurt - h. Lactobacillus bulgaricus. Bakteri ini akan mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat. c. Minuman anggur - i. Saccharomyces cerevisiae. Saccharomyces cerevisiae akan menghasilkan enzim amilase yang dapat menguraikan amilum menjadi glukosa atau gula. Selanjutnya, gula akan difermentasikan lanjut menjadi alkohol dan gas karbondioksida. d. Insulin - g. Eschericia coli . Insulin dibuat dengan teknologi plasmid. Sebuah teknik yang memanfaatkan plasmid dari bakteri E. Coli. e. Kecap - f. Aspergillus wentii .Jamur Aspergillus wentii akan merombak protein menjadi asam-asam amino, komponen rasa, asam, dan aroma khas.

Bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup untuk membantu pekerjaan atau menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia. Pasangan produk bioteknologi dan mikroorganisme pembuatannya yang benar adalah sebagai berikut:space space space 

  • a. Jagung Bt - j. Bacillus thuringiensis. Jagung Bt adalah jagung hasil rekayasa genetik yang telah disisipi gen dari bakteri Bacillus thuringiensis. Gen yang diambil dari bakteri tersebut adalah gen penyandi protein Bt (delta endotoksin) yang dapat membunuh larva hama Lepidoptera.
  • b. Yogurt - h. Lactobacillus bulgaricus. Bakteri ini akan mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat.
  • c. Minuman anggur - i. Saccharomyces cerevisiae. Saccharomyces cerevisiae akan menghasilkan enzim amilase yang dapat menguraikan amilum menjadi glukosa atau gula. Selanjutnya, gula akan difermentasikan lanjut menjadi alkohol dan gas karbondioksida.
  • d. Insulin - g. Eschericia coli. Insulin dibuat dengan teknologi plasmid. Sebuah teknik yang memanfaatkan plasmid dari bakteri E. Coli.
  • e. Kecap - f. Aspergillus wentii. Jamur Aspergillus wentii akan merombak protein menjadi asam-asam amino, komponen rasa, asam, dan aroma khas.space space space 

Latihan Bab

Prinsip Dasar Bioteknologi

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapi tabel berikut!

151

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia