Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pasangan yang tepat antara nama polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya adalah ....

Pasangan yang tepat antara nama polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya adalah ....space space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Polimer adalahsuatu makromolekul atau disebut juga dengan molekul raksasa yang tersusun atas beberapa monomer (molekul-molukul kecil yang sederhana). Monomer merupakan molekul kecilyang dapat dikonversi menjadi suatu polimer. Sebagai contoh, etilena adalah monomer yang dapat dipolimerisasi menjadi polietilena, asam amino termasuk monomer jugayang dapat dipolimerisasi menjadi polipeptida dengan pelepasan air. Reaksi pembentukan polimer dinamakan polimerisasi.Ada dua jenis polimerisasi, yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. Polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang berikatan rangkap (ikatan tak jenuh).Polimer adisi ini biasanya identik dengan plastik, karena hampir semua plastik dibuat dengan polimerisasi adisi. Misalnya polietena, polipropena, polivinil klorida, teflon dan poliisoprena. Polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dua gugus fungsi. Misalnya, senyawa polipeptida atau protein dan polisakarida merupakan senyawa biomolekul yang dibentuk oleh reaksi polimerisasi kondensasi. Polimerisasi kondensasi akan menghasilkan molekul kecil air dan monomernya mempunyai gugus fungsi pada kedua ujung rantainya. Contoh pembentukan nilon, pembentukan polyester (polietilena tereftalat) atau dakron. Beberapa contoh polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya. Berdasarkan tabel diatas, maka pasangan yang tepat antara nama polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya adalah karet alam, monomernya isoprena. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Polimer adalah suatu makromolekul atau disebut juga dengan molekul raksasa yang tersusun atas beberapa monomer (molekul-molukul kecil yang sederhana). Monomer merupakan molekul kecil yang dapat dikonversi menjadi suatu polimer. Sebagai contoh, etilena adalah monomer yang dapat dipolimerisasi menjadi polietilena, asam amino termasuk monomer juga yang dapat dipolimerisasi menjadi polipeptida dengan pelepasan air.

Reaksi pembentukan polimer dinamakan polimerisasi. Ada dua jenis polimerisasi, yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.

  • Polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang berikatan rangkap (ikatan tak jenuh). Polimer adisi ini biasanya identik dengan plastik, karena hampir semua plastik dibuat dengan polimerisasi adisi. Misalnya polietena, polipropena, polivinil klorida, teflon dan poliisoprena.
  • Polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dua gugus fungsi. Misalnya, senyawa polipeptida atau protein dan polisakarida merupakan senyawa biomolekul yang dibentuk oleh reaksi polimerisasi kondensasi. Polimerisasi kondensasi akan menghasilkan molekul kecil air dan monomernya mempunyai gugus fungsi pada kedua ujung rantainya. Contoh pembentukan nilon, pembentukan polyester (polietilena tereftalat) atau dakron.

Beberapa contoh polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya.

Berdasarkan tabel diatas, maka pasangan yang tepat antara nama polimer, monomer, jenis reaksi dan kegunaannya adalah karet alam, monomernya isoprena.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

9rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Manakah dari senyawa berikut yang bukan merupakan monomer dari plastik?

1rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia