Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pasangan kromosom homolog pada subfase pakiten meiosis I terlihat sebagai tetrad. SEBAB Kromosom berduplikasi dengan sentromer tetap menyatu.

Pasangan kromosom homolog pada subfase pakiten meiosis I terlihat sebagai tetrad.

SEBAB

Kromosom berduplikasi dengan sentromer tetap menyatu.


 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah. 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar. 

  5. Pernyataan dan alasan salah. 

Iklan

F. Freelancer4

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Meiosis merupakan pembelahan sel yang menghasilkan sel anak dengan jumlah setengah dari jumlah kromosom induknya. Pembelahan meiosis terjadi dalam dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II.Meiosis I terdiri dari atas empat tahapan, yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I. Profase I merupakan tahap awal meiosis I yang terdiri atas 5tahapan, yaitu leptonema (leptotene), zigonema (zigoten), pakinema (pakiten), diplonema (diplotene), dan diakinesis. Leptonema (leptoten):terjadi kondensasi kromosom. Zigonema (zigoten): tiap kromosom homolog berpasangan dan mulai membentuk struktur bivalen yang dinamakan sinapsis. Pakinema (pakiten): kromosom terus mengalami kondensasi dan terlihat seperti sedang membelah , sehingga setiap kromosom terdiri dari 4 lengan. Pasangan kromosom homolog ini membentuk penampakan khas yang disebut tetrad yang terikat pada bagian sentromernya .Pasangan kromosom homolog kemudian memulai proses pindah silang. Diplonema (diplotene): pasangan kromosom homolog menyelesaikan proses pindah silang, dan terbentuk struktur yang disebut kiasma. Sinapsis dan ikatan pada sentromer antara kromosom homolog mulai menghilang. Pasangan kromosom homolog terikat pada bagian kiasma. Diakinesis: setiap kromatid dari struktur tetrad semakin pendek dan menebal. Kromosom mulai bergerak menuju bidang pembelahan sel. Nukleolus dan membran nukleus mulai menghilang. Berdasarkan infomasi di atas maka pernyataan benar dan alasan benar serta menunjukkan hubungan sebab akibat. Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah A .

Meiosis merupakan pembelahan sel yang menghasilkan sel anak dengan jumlah setengah dari jumlah kromosom induknya. Pembelahan meiosis terjadi dalam dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II.  Meiosis I terdiri dari atas empat tahapan, yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I. Profase I merupakan tahap awal meiosis I yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu leptonema (leptotene), zigonema (zigoten), pakinema (pakiten), diplonema (diplotene), dan diakinesis.

  • Leptonema (leptoten): terjadi kondensasi kromosom.
  • Zigonema (zigoten): tiap kromosom homolog berpasangan dan mulai membentuk struktur bivalen yang dinamakan sinapsis.
  • Pakinema (pakiten): kromosom terus mengalami kondensasi dan terlihat seperti sedang membelah, sehingga setiap kromosom terdiri dari 4 lengan. Pasangan kromosom homolog ini membentuk penampakan khas yang disebut tetrad yang terikat pada bagian sentromernya. Pasangan kromosom homolog kemudian memulai proses pindah silang.
  • Diplonema (diplotene): pasangan kromosom homolog menyelesaikan proses pindah silang, dan terbentuk struktur yang disebut kiasma. Sinapsis dan ikatan pada sentromer antara kromosom homolog mulai menghilang. Pasangan kromosom homolog terikat pada bagian kiasma.
  • Diakinesis: setiap kromatid dari struktur tetrad semakin pendek dan menebal. Kromosom mulai bergerak menuju bidang pembelahan sel. Nukleolus dan membran nukleus mulai menghilang.

Berdasarkan infomasi di atas maka pernyataan benar dan alasan benar serta menunjukkan hubungan sebab akibat. 

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada pembelahan meiosis, kromosom sehomolog mengalami crossing over. SEBAB Kromosom sehomolog berasal dari satu induk.

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia