Roboguru
SD

Pasangan ion-ion dibawah ini yang tidak memliki jumlah elektron terluar sama adalah ....

Pertanyaan

Pasangan ion-ion dibawah ini yang tidak memliki jumlah elektron terluar sama adalah ....space

  1. K to the power of plus sign dan Ca to the power of 2 plus sign

  2. Mg to the power of 2 plus sign dan O to the power of 2 minus sign

  3. N to the power of minus sign dan F to the power of plus sign

  4. Na to the power of plus sign dan O to the power of minus sign

  5. Ne to the power of plus sign dan O to the power of minus sign

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan

Analisis jawaban

  • Jawaban A

Nomor atom dari unsur K adalah 19 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 8 8 1. Ion K to the power of plus sign merupakan bentuk ion dari atom K setelah melepaskan 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion K to the power of plus sign adalah 2 8 8. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion K to the power of plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion K to the power of plus sign adalah 8.

Nomor atom dari unsur Ca adalah 20 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 8 8 2. Ion Ca to the power of 2 plus sign merupakan bentuk ion dari atom Ca setelah melepaskan 2 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion Ca to the power of 2 plus sign adalah 2 8 8. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion Ca to the power of 2 plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion Ca to the power of 2 plus sign adalah 8.

Berdasarkan penjelasan di atas, ion K to the power of plus sign dan ion Ca to the power of 2 plus sign memiliki jumlah elektron terluar yang sama.

  • Jawaban B

Nomor atom dari unusr Mg adalah 12 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 8 2. Ion Mg to the power of 2 plus sign merupakan bentuk ion dari atom Mg setelah melepaskan 2 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion Mg to the power of 2 plus sign adalah 2 8. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion Mg to the power of 2 plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion Mg to the power of 2 plus sign adalah 8.

Nomor atom dari unsur O adalah 8 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 6. Ion O to the power of 2 minus sign merupakan bentuk ion dari atom O setelah menangkap 2 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion O to the power of 2 minus sign adalah 2 8. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion O to the power of 2 minus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion O to the power of 2 minus sign adalah 8.

Berdasarkan penjelasan di atas, ion Mg to the power of 2 plus sign dan ion O to the power of 2 minus sign memiliki jumlah elektron terluar yang sama.

  • Jawaban C

Nomor atom dari unsur N adalah 7 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 5. Ion N to the power of minus sign merupakan bentuk ion dari atom N setelah menangkap 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion N to the power of minus sign adalah 2 6. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion N to the power of minus sign, jumlah eletron pada kulit terluar ion N to the power of minus sign adalah 6.

Nomor atom dari unsur F adalah 9 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 7. Ion F to the power of plus sign merupakan bentuk ion dari atom F setelah melepaskan 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion F to the power of plus sign adalah 2 6. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion F to the power of plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion F to the power of plus sign adalah 6.

Berdasarkan penjelasan di atas, ion N to the power of minus sign dan ion F to the power of plus sign memiliki jumlah elektron terluar yang sama.

  • Jawaban D

Nomor atom dari unsur Na adalah 11 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 8 1. Ion Na to the power of plus sign merupakan bentuk ion dari atom Na setelah melepaskan 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion Na to the power of plus sign adalah 2 8. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion Na to the power of plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion Na to the power of plus sign adalah 8.

Ion O to the power of minus sign merupakan bentuk ion dari atom O setelah menangkap 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion O to the power of minus sign adalah 2 7. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion O to the power of minus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion O to the power of minus sign adalah 7.

Berdasarkan penjelasan di atas, ion Na to the power of plus sign dan ion O to the power of minus sign memiliki jumlah elektron terluar yang tidak sama.

  • Jawaban E

Nomor atom dari unsur Ne adalah 10 sehingga konfigurasi elektronnya adalah 2 8. Ion Ne to the power of plus sign merupakan bentuk ion dari Ne setelah melepaskan 1 elektron sehingga konfigurasi elektron dari ion Ne to the power of plus sign adalah 2 7. Berdasarkan konfigurasi elektron dari ion Ne to the power of plus sign, jumlah elektron pada kulit terluar ion Ne to the power of plus sign adalah 7.

Ion O to the power of minus sign memiliki konfigurasi elektron yaitu 2 7 sehingga jumlah elektron pada kulit terluarnya adalah 7.

Berdasarkan penjelasan di atas, ion Ne to the power of plus sign dan ion O to the power of minus sign memiliki jumlah elektron terluar yang sama.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

627

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Atom Cl memiliki 7 elektron terluar. Atom Cl ini memiliki sifat mudah menangkap elektron 1 sehingga membentuk ion Cl−.  Mengapa atom Cl cenderung membentuk ion Cl−?  Bagaimana keadaan yang menyeba...

139

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia