Roboguru

Paragraf yang sesuai dengan data tersebut adalah ...

Pertanyaan

Paragraf yang sesuai dengan data tersebut adalah ... 

  1. Novel Negeri 5 Menara adalah novel yang ditulis oleh A. Fuadi. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Juli 2009 novel ini dicetak untuk cetakan pertama. Berbagai hal diceritakan dalam novel ini sehingga ketebalan novel ini menyentuh angka 416. 

  2. Novel Negeri 5 Menara yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dicetakan pertama kali pada tahun 2009. Novel dengan tebal 416 halaman ini berhasil mendeskripsikan latar pesantren dengan nyaris sempurna. A. Fuadi, penulis novel ini, berhasil memetakan seluk-beluk dunia pesantren modern yang selama ini hanya menjadi cerita dari mulut ke mulut. 

  3. Novel Negeri 5 Menara merupakan novel yang menceritakan kehidupan pesantren modern. Kita dapat mengetahui seluk-beluk dunia pesantren melalui tokoh dalam novel tersebut, yaitu A. Fuadi. Pendeskripsian latar belakang dalam novel ini pun sangat detail. Tidak heran jika ketebalan novel ini menyentuh angka 416 halaman. 

  4. A. Fuadi kembali merilis novel yang mengisahkan kehidupan pesantren modern. Penulis sangat piawai mendeskripsikan latar pesantren sehingga pembaca seolah-olah mengalami kehidupan pesantren tersebut. Pendeskripsian latar yang baik memang menjadi kelebihan setiap novel yang ditulis oleh A. Fuadi. 

  5. Novel yang diterbitkan pada tahun 2009 sebagian besar berkisah tentang kehidupan pesantren, khususnya mengenai kehidupan pesantren modern. Pada dasarnya, semua penulis berhasil memetakan seluk-beluk pesantren dengan baik, termasuk A. Fuadi. 

Pembahasan Soal:

Teks ulasan disebut juga resensi. Teks ulasan atau resensi adalah teks yang berisi suatu penilaian terhadap suatu karya. Ulasan novel adalah suatu teks berupa tanggapan terhadap berbagai hal di dalam novel baik dari segi isi maupun unsur kebahasaannya.

Teks ulasan atau resensi yang lengkap mengandung unsur-unsur sebagai berikut.

  • Judul resensi, yaitu judul yang dibuat oleh penyusun resensi. Judul ini tidak sama dengan judul karya atau novel.
  • Identitas novel, yaitu berisi ciri-ciri penganal novel biasanya berisi judul novel, penulis, penerbit, tahun terbit, cetakan, dan ketebalan.
  • Pembukaan, berisi gambaran umum karya yang akan diulas serta berisi tentang kepengarangan.
  • Isi/tubuh resensi, berisi pandangan penulis terhadap karya atau novel biasanya mencakup sinopisis, ulasan singkat disertai kutipan, keunggulan dan kelemahan, unsur kebahasaan, serta unsur intrinsik novel seperti tema, alur, penokohan, latar, amanat, gaya bahasa, dan sudut pandang.
  • Penutup, berisi simpulan terhadap karya serta biasanya berisi ajakan kepada pembaca untuk membaca karya yang diulas.

Data di atas berisi identitas novel serta keunggulan novel. Paragraf yang sesuai dengan data tersebut adalah "Novel Negeri 5 Menara yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dicetakan pertama kali pada tahun 2009. Novel dengan tebal 416 halaman ini berhasil mendeskripsikan latar pesantren dengan nyaris sempurna. A. Fuadi, penulis novel ini, berhasil memetakan seluk-beluk dunia pesantren modern yang selama ini hanya menjadi cerita dari mulut ke mulut." Paragraf tersebut mengandung identitas novel serta keunggulan novel.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku yaitu ...

Pembahasan Soal:

Kelemahan buku dalam teks resensi mengungkap hal-hal yang tidak menarik dalam sebuah karya. Kalimat mengungkapkan kelemahan biasanya menggunakan kalimat negasi atau bermakna negatif. Pada pilihan jawaban A sampai D merupakan kelebihan dari sebuah buku, sedangkan pilihan E mengungkapkan kekurangan dari sebuah buku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan E.undefined

0

Roboguru

Kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Resensi dapat diartikan sebagai ulasan, tanggapan, penilaian, dan apresiasi seseorang terhadap sebuah buku. Salah satu unsur resensi adalah penutup yang mencakup simpulan. Isi resensi tersebut menceritakan tentang kelebihan dari buku Pengajian Puisi untuk mendalami puisi.

Dengan demikian, kalimat simpulan yang tepat dalam resensi sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah buku ini layak dibaca oleh orang yang ingin mendalami puisi.space 

0

Roboguru

Perhatikan data berikut! Judul buku   : Buku Praktis Bahasa Indonesia Penulis        : Dendi Sugono Penerbit       : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Cetakan       : Agustus 2000 Tebal    ...

Pembahasan Soal:

Jawaban B kurang tepat karena banyak pernyataan yang tidak sesuai dengan data dan kelemahan buku tidak disebutkan.

Jawaban C kurang tepat karena tidak ada kelemahan, bahkan tertulis Hampir tidak ada cela dalam buku ini, padahal dalam data terdapat kekurangan.

Jawaban D kurang tepat karena tidak tertulis kelemahannya.

0

Roboguru

Pertemuan Dua Hati, sebuah novel karangan N.H. Dini yang diterbitkan oleh Gramedia tahun 1986, bercerita tentang Bu Suci, seorang guru mempunyai murid yang sulit diatur dan sering membuat kekacauan di...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kutipan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Bu Suci bertemu dengan seorang anak yang nakal bernama Washito yang harus dididik menjadi anak yang baik. Dari persoalan tersebut dapat diresensikan bahwa novel tersebut membahas mengenai persoalan pendidikan yang teramat beragam. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Perhatikan data buku berikut! Paragraf resensi yang paling tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Resensi yang paling tepat adalah resensi yang pembahasannya lengkap serta mengungkapkan kelebihan dan kekurangan sebuah buku. Poin A mengandung informasi jumlah halaman, judul buku yang memikat, isi buku, dan kekurangan buku tersebut. Pilihan jawaban B kurang tepat karena pada ilustrasi tidak terdapat kalimat "membandingkan dua dunia nyata dan khayal". Pilihan jawaban C juga tidak tepat karena tidak terdapat jumlah buku dan terdapat kalimat "buku yang tidak terlalu tebal ini..." yang tidak ada di dalam ilustrasi. Sementara, pilihan jawaban D kurang tepat karena tidak terdapat informasi mengenai identitas buku. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved