Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut! 


Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur. Serta dapat kulihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.space  

Paragraf yang di atas termasuk paragraf deskripsi ....

Paragraf yang di atas termasuk paragraf deskripsi ....space 

  1. Spasialspace  

  2. Subjektifspace  

  3. Objektifspace   

  4. Objektif-subjektif space  

  5. Spasial-subjektifspace  

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. space 

Iklan

Pembahasan

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan, melukiskan, atau menggambarkan sesuatu. Tujuannya supaya pembaca seolah-olah bisa ikut mengamati lewat seluruh panca inderanya (melihat, meraba, mencium, perasaan) hanya melalui kata-kata tersebut. Jenis-jenis paragraf deskripsi: Paragraf Deskripsi Spasial.Paragraf ini dibuat berdasarkan ruang dan waktu. Artinya, dalam paragraf ini kamu bisa menjelaskan suatu ruangan dari berbagai penjuru, luar, dalam, atas atau bahkan bawah. Kamu bisa memberi penjelasan tentang keadaan ruangan, apakah gelap, terang, pengap, berdebu, bersih, rapi, kotor, dan sebagainya. Paragraf Deskripsi Objektif.Sesuai dengan kata objektif, paragraf deskripsi objektif ini merupakan teks yang berisi gambaran sesuatu secara objektif atau apa adanya. Penulis tidak lagi menambahkan opini atau pendapat pribadi untuk melengkapi paragraf ini. Paragraf Deskripsi Subjektif. Paragraf deskripsi subjektif ini mengharuskan penulis untuk menggambarkan keadaan sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan penulis. Dengan kata lain, penulis sangat boleh untuk menulis pendapat atau opini pribadinya dalam menjelaskan sesuatu. Berdasarkan penjelas jenis-jenis paragraf deskripsi tersebut, maka paragraf deskripsi di atas merupakan paragraf deskripsi subjektif. Hal ini dibuktikan dengan kalimat-kalimat yang menggambarkan perasaan penulis, seperti diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan, melukiskan, atau menggambarkan sesuatu. Tujuannya supaya pembaca seolah-olah bisa ikut mengamati lewat seluruh panca inderanya (melihat, meraba, mencium, perasaan) hanya melalui kata-kata tersebut.

Jenis-jenis paragraf deskripsi: 

  1. Paragraf Deskripsi Spasial. Paragraf ini dibuat berdasarkan ruang dan waktu. Artinya, dalam paragraf ini kamu bisa menjelaskan suatu ruangan dari berbagai penjuru, luar, dalam, atas atau bahkan bawah. Kamu bisa memberi penjelasan tentang keadaan ruangan, apakah gelap, terang, pengap, berdebu, bersih, rapi, kotor, dan sebagainya.
  2. Paragraf Deskripsi Objektif. Sesuai dengan kata objektif, paragraf deskripsi objektif ini merupakan teks yang berisi gambaran sesuatu secara objektif atau apa adanya. Penulis tidak lagi menambahkan opini atau pendapat pribadi untuk melengkapi paragraf ini.
  3. Paragraf Deskripsi Subjektif. Paragraf deskripsi subjektif ini mengharuskan penulis untuk menggambarkan keadaan sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan penulis. Dengan kata lain, penulis sangat boleh untuk menulis pendapat atau opini pribadinya dalam menjelaskan sesuatu.

Berdasarkan penjelas jenis-jenis paragraf deskripsi tersebut, maka paragraf deskripsi di atas merupakan paragraf deskripsi subjektif. Hal ini dibuktikan dengan kalimat-kalimat yang menggambarkan perasaan penulis, seperti diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Rumah itu bagaikan istana seorang raja. Kalimat di atas mengandung majasperbandingan jenis ....

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia