Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan novel berikut ini!


Tangan dan kakiku terus mengayuh. Setengah jam berlalu, satu anak sudah berhenti di ujung kolam, tersengal, menyerah. Aku mengertakkan gigi. Aku bisa bertahan lebih lama dari itu. Lima belas menit kemudian, dua anak menyusul menyerah, berenang gontai ke tepi kolam dengan sisa-sisa tenaga. Ayolah, aku membujuk seluruh tubuhku, tinggal satu pesaing lagi, bertahan sebentar saja dan semua akan berhasil. Aku melirik Ayah yang sudah berdiri di tribun. Bendera sudah berhenti berkelepak. Air hujan mengalahkan angin. Butiran hujan, seperti senapan mesin, menembaki dari langit. Aku menggigit bibir, berusaha menebalkan niat. Aku tidak akan menyerah semudah itu.

(SumberAyahku (Bukan) Pembohong, Tere Liye)space 

Kalimat yang menunjukkan penggunaan majas simile dalam kutipan novel tersebut yaitu ....

Kalimat yang menunjukkan penggunaan majas simile dalam kutipan novel tersebut yaitu ....space 

  1. Tangan dan kakiku terus mengayuh.space 

  2. Aku melirik Ayah yang sudah berdiri di tribun.space 

  3. Bendera sudah berhenti berkelepak.space 

  4. Air hujan mengalahkan angin.space 

  5. Butiran hujan, seperti senapan mesin, menembaki dari langit.space 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space 

Iklan

Pembahasan

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Adapun salah satu unsur kebahasaan novel adalah penggunaan majas atau gaya bahasa, yaitu cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Salah satu majas yang digunakan adalah majas simile , majas pengungkapandengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak ,dan bagai . Oleh karena itu, kalimat yang menunjukkan penggunaan majas simile dalam kutipan novel tersebut yaitu Butiran hujan, seperti senapan mesin, menembaki dari langit . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Adapun salah satu unsur kebahasaan novel adalah penggunaan majas atau gaya bahasa, yaitu cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Salah satu majas yang digunakan adalah majas simile, majas pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, dan bagai.

Oleh karena itu, kalimat yang menunjukkan penggunaan majas simile dalam kutipan novel tersebut yaitu Butiran hujan, seperti senapan mesin, menembaki dari langit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cermatilah kalimat berikut! Adik-adiknya, di mana pun saatini dua sigung nakal itu berada ... mereka membutuhkan dia, kakaknya. Majas yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu....

3

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia