Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!


    Ada benarnya kita mempunyai kesadaran pandangan untuk melakukan pembaharuan dalam kesastraan kita. Kita selalu terlambat. Namun demikian, inilah gerakan-gerakan yang diakui sebagai gerakan-gerakan yang diakui sebagai gerakan pembaharuan kita, baik yang 100% pro maupun yang hanya dengan reserve menerima pengaruh-pengaruh dari luar. Gerakan pembaharuan yang toh punya pribadinya sendiri karena ditandai oleh lingkungan masyarakatnya sendiri. Padahal kita hanya berorientasi ke arah satu bagian dunia saja. Betapa lebih banyak kemungkinan kita. Kesempatan-kesempatan yang terbuka bagi kita belum kita pergunakan karena kemampuan kita belum ada, ditambah keragu-raguan kita terhadap dunia luar, [ .... ] Namun, di Indonesia belum ada pencarian sendiri yang sadar ke luar daerah karena tak menguasai alat bahasa.

(Disadur dari: H.B. Jassin, Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esai II, Jakarta, Gramedia, 1967)

Paragraf tersebut merupakan teks bagian....

Paragraf tersebut merupakan teks bagian .... 

  1. pendahuluanspace 

  2. pernyataan umumundefined 

  3. isiundefined 

  4. simpulanspace

  5. penegasan ulangspace

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D/E.

jawaban yang benar adalah D/E.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Esai adalah adalah karangan yang berisi kupasan atau tinjauan tentang suatu pokok masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendapat, atau ideologi yang disusun secara populer berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya (bersifat subjektif). Struktur atau sistematika penulisan esai dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut. Bagian pendahuluan berisi tentang pengantar yang memadai tentang topik bahasan yang hendak ditulis. Gagasan yang ditulis dalam paragraf pendahuluan memberikan gambaran tentang gagasan atau pembahasan yang akan ditulis pada bagian isi. Bagian isi merupakan penjabaran dari gagasan utama yang dinyatakan dalam kalimat tesis. Bagian penutup disajikan dalam satu paragraf simpulan yang dimaksudkan untuk mengakhiri pembahasan topik. Paragraf ini biasanya berisi rangkuman dari pokok pikiran yang telah disampaikan penulis. Paragraf penutup juga bisa berupa penegasan atas pendapat yang telah dijabarkan di bagian isi dengan maksud agar pembaca mengetahui secara persis posisi penulis atas masalah yang ditulis. Kutipan teks tersebut adalah bagian simpulan karena berisi ringkasan aspek-aspek penting yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya, yaitu bagian isi. Salah satu ringkasan aspek penting dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat yang berbunyi "Namun, di Indonesia belumada pencarian sendiri yang sadar ke luar daerah karena tak menguasai alat bahasa." Pada bagian ini juga terdapat komentar penulis terhadap pokok masalah yang diangkat dalam teks. Berikut adalah kutipan kalimat komentar tersebut: "Ada benarnya kita mempunyai kesadaran pandangan untuk melakukan pembaharuan dalam kesastraan kita. Kita selaluterlambat. " Akan tetapi, bagian simpulan juga dapat disebut sebagai bagian penegasan ulang karena penegasan ulang sama seperti meringkas apa yang terdapat di bagian pendahuluan atau isi. Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah D/E.

Esai adalah adalah karangan yang berisi kupasan atau tinjauan tentang suatu pokok masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendapat, atau ideologi yang disusun secara populer berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya (bersifat subjektif).

Struktur atau sistematika penulisan esai dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Bagian pendahuluan berisi tentang pengantar yang memadai tentang topik bahasan yang hendak ditulis. Gagasan yang ditulis dalam paragraf pendahuluan memberikan gambaran tentang gagasan atau pembahasan yang akan ditulis pada bagian isi.
  • Bagian isi merupakan penjabaran dari gagasan utama yang dinyatakan dalam kalimat tesis.
  • Bagian penutup disajikan dalam satu paragraf simpulan yang dimaksudkan untuk mengakhiri pembahasan topik. Paragraf ini biasanya berisi rangkuman dari pokok pikiran yang telah disampaikan penulis. Paragraf penutup juga bisa berupa penegasan atas pendapat yang telah dijabarkan di bagian isi dengan maksud agar pembaca mengetahui secara persis posisi penulis atas masalah yang ditulis.

Kutipan teks tersebut adalah bagian simpulan karena berisi ringkasan aspek-aspek penting yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya, yaitu bagian isi. Salah satu ringkasan aspek penting dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat yang berbunyi "Namun, di Indonesia belum ada pencarian sendiri yang sadar ke luar daerah karena tak menguasai alat bahasa." Pada bagian ini juga terdapat komentar penulis terhadap pokok masalah yang diangkat dalam teks. Berikut adalah kutipan kalimat komentar tersebut:

"Ada benarnya kita mempunyai kesadaran pandangan untuk melakukan pembaharuan dalam kesastraan kita. Kita selalu terlambat."

Akan tetapi, bagian simpulan juga dapat disebut sebagai bagian penegasan ulang karena penegasan ulang sama seperti meringkas apa yang terdapat di bagian pendahuluan atau isi.

Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah D/E.space

Latihan Bab

Mengenal Kritik Sastra dan Esai

Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

Menganalisis Kritik Sastra dan Esai

Menyusun Kritik Sastra dan Esai

797

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut ini! Salah satu kepiawaian Budi Darma adalah menciptakan tokoh-tokoh yang hidup, yang bukan perwujudan atau identik dengan dirinya sebagai pencipta atau pengarangnya. ...

880

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia