Roboguru

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ….

Pertanyaan

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ….

 

  1. Buku Pesona Batik disampaikan dengan gaya tutuk kata anak muda. Hal ini menyebabkan buku ini disukai anak muda. Penampilan gambar cukup membantu pambaca.

  2. Buku Pesona Batik pantas dibaca karena memuat nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, keyakinan, status dan pandangan hidup sebagian masyarakat Indonesia dalam karya seni batik. Dalam membatik dimulai dari menggambar.

  3. Buku Pesona Batik membahas tentang seni batik jarang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan.

     

  4. Buku Pesona Batik mencerminkan khasanah kebudayaan Indonesia. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat praktik membatik di rumah. Bahasa dan gambar yang sederhana membuat buku ini enak dibaca.

Pembahasan Soal:

Ulasan singkat atau sering disebut dengan resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya, berupa buku, karya seni film dan drama.

Syarat dalam penyusunan sebuah resensi, yaitu:

  • Ada data buku, meliputi nama pengarang, penerbit, tahun terbit dan tebal buku.
  • Pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi pengarang, atau hal yang berhubungan dengan tema.
  • Memiliki alasan terhadap buku yang akan diresensi.
  • Harus objektif, adil, dan seimbang antara keunggulan dan kekurangannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, pilihan jawaban yang mengandung seluruh persyaratan tersebut adalah jawaban C yang berbunyi "Buku Pesona Batik membahas tentang seni batik jarang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan." Sedangkan pada pilihan jawaban A, B, dan D tidak sesuai karena tidak menampilkan bagian kelemahan dari buku tersebut hanya keunggulannya saja, sehingga terkesan tidak objektif.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya. Dalam membuat teks ulasan sesuai dengan data tersebut, harus memperhatikan strukturnya, sebagai berikut:

  • Identitas karya mencakup judul, penulis, penerbit, tahun terbit
  • Orientasi berisi gambaran umum suatu karya yang akan diulas seperti nama, kegunaan, dan sebagainya. 
  • Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas. 
  • Analisis berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita seperti tema, penokohan, dan alur. 
  • Evaluasi berupa paparan tentang keunggulan dan kelemahan suatu karya.
  • Rekomendasi berisi saran-saran kepada pembaca.space 

0

Roboguru

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks Ulasan merupakan teks yang mengandung penilaian, ulasan, resensi ataupun review mengenai suatu karangan misalnya film, buku, novel, drama dan lain sebagainya untuk dijadikan pedoman tinggkat atau karakteristik serta keunikan sebuah karya kepada pembaca. Teks ulasan biasa disebut juga dengan teks resensi. 

Struktur teks ulasan:

  1. Orientasi. Orientasi adalah bagian yang mengandung mengenai persepsi nama, kegunaan, latar belakang untuk dijadikan sebagai gambaran umum dari sebuah karya yang akan dibahas.
  2. Tafsiran. Tafsiran adalah bagian yang mengandung penguraikan secara detail tentang sebuah karya yang dibahas, seperti berisi mengenai bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan dan kualitas.
  3. Evaluasi. Evaluasi adalah bagian yang mengandung opini dari pengamat tentang hasil karya yang dibahas. Evaluasi yang dijalanan sesudah pengamat menjaankan pendapat secara cukup mengenai hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi tersebut, pengamat akan memberikan bagian yang kelebihan dari karya tersebut ataupun bagian kekurangan dari karya tersebut.
  4. Rangkuman. Rangkuman adalah bagian yang mengandung inferensi dari ulasan mengenai suatu karya. Bagian tersebut juga berisi komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai atau bermutu atau tidak untuk ditonton ataupun juga dibaca.

Struktur di atas dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat teks ulasan atau resensi. Teks ulasan atau resensi harus dibuat dengan tiga syarat, yakni objektif, adil, dan seimbang antara keunggulan dan kekurangannya. Paragraf resensi yang sesuai dengan data buku tersebut adalah Buku Pesona Batik membahas tentang seni batik jarang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan. Struktur teks ulasan pada kalimat tersebut lengkap sesuai dengan ilustrasi, terdapat keunggulan buku  yaitu bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.space  

0

Roboguru

Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya, seperti buku, film, drama, dan sebagainya.
Berikut adalah langkah-langkah menyusun teks ulasan.

  1. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan buku.
  2. Mencatat hal-hal yang menarik atau penting dari isi buku.
  3. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
  4. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
  5. Membuat saran-saran untuk pembaca.

Paragraf yang tepat berdasarkan buku di atas adalah "Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal." Dalam penyusunan teks ulasan, harus disertakan kelebihan dan kekurangan buku. Kelebihan buku tersebut adalah menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang dengan baik. Sementara itu, kekurangan buku tersebut adalah harganya yang mahal.
Dengan demikian, paragraf yang tepat berdasarkan buku di atas adalah "Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal."


Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.undefined 

0

Roboguru

Tujuan pembuatan kerangka tulisan adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya. Di dalam membuat ulasan, langkah yang perlu dilakukan adalah membuat kerangka tulisan terlebih dahulu.

Pembuatan kerangka tulisan bertujuan untuk acuan dan pengontrol agar tulisan tersebut terarah dan tidak meluas. Kerangka tulisan dapat menjadi acuan dan pengontrol tulisan karena kerangka tulisan berisi pokok-pokok bahasan yang akan ditulis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah….

Pembahasan Soal:

Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah 3-4-1-2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved