Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini!


    Bungur kecil (Lagerstroemia indica L.) biasanya ditanam sebagai tanaman hias di taman dan di halaman rumah atau bisa ditemukan sebagai tumbuhan liar di tebing-tebing dan tepi hutan. Tanaman ini berasal dari Tiongkok dan Korea.

    Bungur kecil termasuk jenis perdu atau pohon kecil, dengan tinggi 2-7 m, percabangan melengkung, kulit pohon berwama cokelat, halus dan agak mengilap, daun tunggal, bertangkai pendek, dan letak berseling. Helaian daun bentuknya elips atau memanjang, ujung tumpul, pangkal membaji, tepi rata, berwarna hijau tua, panjang 2-7 cm, lebar 1-4 cm. Bunga majemuk bentuk malai ini memiliki panjang 10-50 cm, tepi mahkota bunga bergelombang, berwama merah, putih, atau ungu, keluar dari ujung tangkai atau ketiak daun. Buahnya agak bulat, panjangnya 9-13 mm, dan lebar 8-11 mm.

    Bungur kecil memiliki khasiat pada bagian-bagian tertentu, yaitu akar, bunga, dan kulit kayu. Akar bungur kecil rasanya agak pahit, sifatnya netral, dan astringen. Khasiat akar bungur kecil adalah merangsang proses sirkulasi, menghentikan perdarahan (hemostatis), antiradang, peluruh kencing (diuretik), dan menetralisir racun.undefined 

Paragraf kedua teks laporan hasil observasi di atas termasuk bagian ....

Paragraf kedua teks laporan hasil observasi di atas termasuk bagian .... 

  1. definisi umumundefined 

  2. deskripsi bagianundefined 

  3. gambaran umumundefined 

  4. simpulanundefined 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Struktur teks laporan hasil observasi di antaranya adalah sebagai berikut. Pernyataan umum (klasifikasi dan definisi) Pernyataan umum berisi informasi umum, seperti nama, kelas, waktu obeservasi, tempat observasi, dan tambahan lain tentang hal yang dilaporkan. Deskripsi bagian Berisi perincian dan inti dari hasil observasi yang dilakukan. Dapat berupa klasifikasi yang bersifat teknis dan deksripsi yang lebih spesifik dari objek, misalnya kualitas, bagian, fungsi, kebiasaan, dan kegunaan. Simpulan Berisi ringkasan umum dari hal yang dilaporkan. Paragraf kedua pada teks di atas merupakan deskripsi bagian laporan hasil observasi karena berisi perincian dan inti observasi yang dilakukan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Struktur teks laporan hasil observasi di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pernyataan umum (klasifikasi dan definisi)
    Pernyataan umum berisi informasi umum, seperti nama, kelas, waktu obeservasi, tempat observasi, dan tambahan lain tentang hal yang dilaporkan.
  1. Deskripsi bagian
    Berisi perincian dan inti dari hasil observasi yang dilakukan. Dapat berupa klasifikasi yang bersifat teknis dan deksripsi yang lebih spesifik dari objek, misalnya kualitas, bagian, fungsi, kebiasaan, dan kegunaan.
  1. Simpulan
    Berisi ringkasan umum dari hal yang dilaporkan.

Paragraf kedua pada teks di atas merupakan deskripsi bagian laporan hasil observasi karena berisi perincian dan inti observasi yang dilakukan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan poin-poin berikut! pernyataan umum deskripsi manfaat deskripsi umum deskripsi bagian simpulan Struktur laporan hasil observasi yang tepat secara berurutan adalah ....

1

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia