Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut!

Daun dewa adalah salah satu tumbuhan semak. Daun dewa tegak berukuran sekitar 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai, berbentuk oval bulat, dan ujungnya lancip, serta berkumpul di bawah. Panjang daun sekitar 20 cm dengan lebar 10 cm. Kedua permukaan daun berbulu. Warna daun bagian bawah lebih muda daripada bagian atas.

Daun dewa kaya akan senyawa-senyawa baik. Beberapa senyawa tersebut, seperti vitamin K, saponin, sterol, minyak atsiri, alkaloid, triterpenoid. Senyawa lainnya, yaitu tannin, flavonoid, polifenol, asam p-hidroksi benzoate, asam p-kumarat, dan asam klorogenat. Banyaknya senyawa baik membuat daun dewa dijadikan tanaman obat.

Manfaat luar biasa dari daun dewa dapat menyembuhkan penyakit ringan hingga penyakit berat. Beberapa penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi daun dewa, seperti mengobati Iuka, gigitan binatang, batuk, demam, wasir, keseleo, sampai mengobati kutil. Penyakit berat yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi daun dewa yaitu strok, diabetes, reumatisme, hipertensi, jantung, bahkan kanker. Banyaknya manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi daun dewa. Oleh karena itu, tidak salah menjadikan daun dewa sebagai salah satu tanaman obat yang tersedia di pekarangan rumah.

Disadur dari: https://bibitbunga.com/tanaman-daun-dewa-untuk-kesehatan-dan-pengobatan/, diunduh 27 Januari 2020space 

Tentukan struktur terperinci dalam teks laporan hasil observasi tersebut!space 

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Struktur Teks Laporan Observasi

  1. Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan berupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Struktur terperinci dalam teks laporan hasil observasi tersebut terdapat pada deskripsi bagian, yaitu:

Daun dewa tegak berukuran sekitar 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai, berbentuk oval bulat, dan ujungnya lancip, serta berkumpul di bawah. Panjang daun sekitar 20 cm dengan lebar 10 cm. Kedua permukaan daun berbulu. Warna daun bagian bawah lebih muda daripada bagian atas.

Daun dewa kaya akan senyawa-senyawa baik. Beberapa senyawa tersebut, seperti vitamin K, saponin, sterol, minyak atsiri, alkaloid, triterpenoid. Senyawa lainnya, yaitu tannin, flavonoid, polifenol, asam p-hidroksi benzoate, asam p-kumarat, dan asam klorogenat. Banyaknya senyawa baik membuat daun dewa dijadikan tanaman obat.

Manfaat luar biasa dari daun dewa dapat menyembuhkan penyakit ringan hingga penyakit berat. Beberapa penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi daun dewa, seperti mengobati Iuka, gigitan binatang, batuk, demam, wasir, keseleo, sampai mengobati kutil. Penyakit berat yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi daun dewa yaitu strok, diabetes, reumatisme, hipertensi, jantung, bahkan kanker.

Pada bagian tersebut, berisi perincian mengenai ciri tumbuhan, kandungan yang terdapat dalam tumbuhan, dan manfaat tumbuhan.space 

4rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Struktur teks laporan hasil observsi yang tepat adalah....

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia