Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!

    Laskar Pelangi adalah sebuah film karya Riri Riza dan salah satu film terbaik Indonesia. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini diproduksi pada tahun 2008. Semenjak awal pertama kemunculannya di layar lebar, film ini mendapatkan antusias yang luas biasa dari pecinta film di Indonesia.
    Film ini menceritakan kisah sepuluh orang sahabat. Mereka bersekolah di sebuah sekolah kecil bernama SD Muhammadiyah di Pulau Belitung. Pada awalnya, sekolah tersebut terancarn ditutup karena minimnya jumlah siswa yang belajar. Namun, berkat kegigihan dan keinginan yang kuat dari kesepuluh anak tersebut, sekolah tersebut tidak jadi ditutup, Sekolah tersebut tidak jadi ditutup. Sekolah tersebut juga bertahan berkat perjuangan seorang guru yang sangat baik, yaitu Bu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini dan Pak Harfan yang diperankan oleh Ikranagara. Selain menceritakan kisah persahabatan, film ini menyajikarn cerita emosional, mengenai Lintang, seorang anak miskin yang sangat pintar, Namun, ia harus bekerja keras untuk bertahan hidup demi adik-adiknya setelah ditinggal mati oleh ayahnya di lautan.
    Akibat pemilihan lokasi film yang diambil di luar ruangan, efek gambar den suara yang dihasilkan sedikit tidak jelas. Namun, secara keseluruhan film ini sangat bagus. Film ini menarik karena isi ceritanya yang memberikan nuansa lain pada film Indonesia yang banyak bergenre horor. Selain itu, cerita delam film ini didukung oleh kemampuan para aktor dan aktris yang sangat baik. Latar tempat film ini dikemas dengan sangat cantik yang memperlihatkan keindahan Pulau Belitung dengan latar waktu beberapa tahun silam.
    Oleh karena itu, film ini layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun film ini diproduksi pada tahun. 2008, film Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton setiap saat secara berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satu pun adegan kekerasan atau sensual.space 

Paragraf kedua dalam teks ulasan tersebut merupakan struktur teks ulasan bagian ...

Paragraf kedua dalam teks ulasan tersebut merupakan struktur teks ulasan bagian ...space 

  1. orientasispace 

  2. sinopsisspace 

  3. analisisspace 

  4. evaluasispace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks ulasan adalah tulisan berisi penilaian atas suatu karya. Dalam teks ulasan, penulis dapat membahas hal apapun yang menjadi kelebihan maupun kekurangan dari karya tersebut, kemudian memberi rekomendasi pada pembaca. Salah satu karya yang dapat diulas adalah film, seperti cuplikan teks ulasan pada soal. Struktur teks ulasan meliputi: Identitas, yaitu bagian yang berisi informasi umum dari karya yang diulas. Jika karya yang diulas berupa film, bagian identitas berisi judul film, nama sutradara, durasi tayang, tanggal rilis, dan nama rumah produksi. Orientasi, yaitu bagian berisi pengenalan awal sebelum masuk ke sinopsis dan penilaian karya. Pada bagian ini, penulis dapat menceritakan bagaimana posisi karya tersebut dalam masyarakat, penghargaan yang pernah diraih, dan sebagainya. Sinopsis, yaitu bagian yang berisi ringkasan isi dari karya yang diulas. Analisis, yaitu bagian yang berisi paparan unsur-unsur karya. Jika karya yang diulas adalah film, unsur-unsur tersebut berupa tema, alur, penokohan, dan latar. Evaluasi, yaitu bagian yang berisi penilaian penulis terhadap karya yang diulas. Penilaian tersebut berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya. Paragraf kedua pada teks ulasan di atas berisi ringkasan cerita Laskar Pelangi. Oleh karena itu, paragraf tersebut termasuk bagian sinopsis dalam teks ulasan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Teks ulasan adalah tulisan berisi penilaian atas suatu karya. Dalam teks ulasan, penulis dapat membahas hal apapun yang menjadi kelebihan maupun kekurangan dari karya tersebut, kemudian memberi rekomendasi pada pembaca. Salah satu karya yang dapat diulas adalah film, seperti cuplikan teks ulasan pada soal.
Struktur teks ulasan meliputi:

  1. Identitas, yaitu bagian yang berisi informasi umum dari karya yang diulas. Jika karya yang diulas berupa film, bagian identitas berisi judul film, nama sutradara, durasi tayang, tanggal rilis, dan nama rumah produksi. 
  2. Orientasi, yaitu bagian berisi pengenalan awal sebelum masuk ke sinopsis dan penilaian karya. Pada bagian ini, penulis dapat menceritakan bagaimana posisi karya tersebut dalam masyarakat, penghargaan yang pernah diraih, dan sebagainya.
  3. Sinopsis, yaitu bagian yang berisi ringkasan isi dari karya yang diulas.
  4. Analisis, yaitu bagian yang berisi paparan unsur-unsur karya. Jika karya yang diulas adalah film, unsur-unsur tersebut berupa tema, alur, penokohan, dan latar.
  5. Evaluasi, yaitu bagian yang berisi penilaian penulis terhadap karya yang diulas. Penilaian tersebut berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Paragraf kedua pada teks ulasan di atas berisi ringkasan cerita Laskar Pelangi. Oleh karena itu, paragraf tersebut termasuk bagian sinopsis dalam teks ulasan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan

Kebahasaan Teks Ulasan

Menganalisis Teks Ulasan

672

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan novel tersebut menunjukan bagian ....

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia