Roboguru

Paragraf berikut yang termasuk paragraf hasil observasi adalah ...

Pertanyaan

Paragraf berikut yang termasuk paragraf hasil observasi adalah ...space 

  1. Amin adalah adik sepupu. Dia sangat lucu. Badannya gemuk dan rambutnya keriting. Bicaranya ceplas-ceplos membuat gemas setiap orang yang mendengarnya.space 

  2. Eceng gondok merupakan tumbuhan pengganggu (gulma) di perairan karena pertumbuhannya yang sangat pesat. Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 0,4-0,8 meter. Tumbuhan ini mempunyai batang. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau. Akarnya merupakan akar serabut.space 

  3. Bunga mawar di halaman rumahku tumbuh subur. Bunga mawar ini adalah satu-satunya bunga yang kumiliki. Batangnya yang begitu besar itu memliliki lima cabang tangkai. Semua tangkai memiliki daun yang lebat. Daun-daun itu tampak hijau yang menggambarkan tanaman itu subur. Hal yang menarik lagi, tiap tangkai terdapat bunga yang indah.space 

  4. Buaya yang terdapat di Kebun Binatang Gembiraloka ada lima ekor. Dua di antaranya indukan dan tiga anakan. Buaya-buaya itu dijadikan dalam satu kolam yang berukuran 10 x 10 meter. Sebenarnya ukuran itu kurang ideal untuk penggerakan lima ekor buaya. Buaya-buaya itu tampak gemuk dan bersih. lni menandakan perawatan hewan reptil ini cukup bagus.space  

Pembahasan Soal:

Pengertian teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:

  • Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan serta fakta yang ada melalui kalimat deskripsi.
  • Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan.

Ciri bahasa atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan observasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
  2. Menggunakan verba relasional seperti: ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain.
  3. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku seperti: bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
  4. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), dan pilihan (atau).
  5. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis seperti: herbiuora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, sindrom, phobia, dan lain-lain.

Dengan demikian, yang termasuk paragraf hasil observasi adalah paragraf dengan tema enceng gondok, karena memiliki ciri bahasa atau kaidah kebahasaan teks laporan observasi didalamnya. Misalnya: menggunakan verba relasional seperti: merupakan, menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan), menggunakan kata keilmuwan atau teknis seperti: gulma.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. ISTANTI,

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk paragraf …

Pembahasan Soal:

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Kalimat berikutnya merupakan penjelas untuk mendukung gagasan utama. Gagasan utama atau ide pokok biasanya berupa pernyataan umum.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Apa artinya paragraf deduktif?

Pembahasan Soal:

Paragraf deduktif adalah paragraf dimulai dengan hal yang umum lalu diikuti oleh kalimat penjelasnya. Itu berarti kalimat utama berada di awal paragraf.

Kalimat utama berada di awal paragraf dapat ditemukan dengan cara:

  • Adanya pengulangan bagian kalimat utama pada kalimat penjelas. Contoh:
    Ponsel bukan hanya alat komunikasi saja, tapi juga memiliki manfaat lain. Manfaat lain dari ponsel tersebut misalnya saja sebagai pengingat tugas, hiburan, mengabadikan momen dan lain sebagainya.
     
  • Adanya kata rujukan pada kalimat penjelas seperti ini, itu, tersebut, -nya, di sana. Contoh:
    Ponsel bukan hanya alat komunikasi saja, tapi juga memiliki manfaat lain. Manfaat lain dari ponsel tersebut misalnya saja sebagai pengingat tugas, hiburan, mengabadikan momen dan lain sebagainya.space 

0

Roboguru

Banyak faktor yang menyebabkan banjir di Ciliwung. Ada faktor-faktor yang tidak dipenuhi oleh manusia dan yang dipengaruhi oleh manusia. Faktor non-manusia adalah curah hujan tinggi, jenis tanah dan t...

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat dan mengandung sebuah gagasan. Berdasarkan penempatan gagasan, paragraf terdiri atas tiga jenis, yaitu  deduktif, induktif dan campuran.  Paragraf deduktif adalah paragraf yang menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Biasanya paragraf deduktif terdiri dari sebuah pernyataan umum yang disambung dengan penjelasan-penjelasan, atau dengan kata lain membahas sesuatu yang umum baru kemudian menjadi khusus. Paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum. Dengan kata lain, paragraf deduktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Sementara itu, paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf. Bisa dikatakan juga kalau paragraf campuran adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri juga dengan kalimat utama. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama.

Berdasarkan teks di atas, kalimat utama paragraf terletak pada kalimat pertama, yaitu faktor banjir di Ciliwung. Dengan kata lain, berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf deduktif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Paragraf di atas dikembangkan dengan pola ...

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat dan mengandung sebuah gagasan. Pola pengembangan sebuah paragraf bisa dilihat dari penempatan kalimat utamanya. Penempatan kalimat utama pada sebuah paragraf bisa dibagi menjadi 3 cara, deduktif, induktif dan campuran. Kalimat utama pada paragraf di atas terletak pada kalimat pertama, yaitu "Semua orang bisa mengusahakan kebun sederhana di atas atap". Oleh karena itu, paragraf tersebut termasuk ke dalam pola pengembangan deduktif.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.undefined 

0

Roboguru

Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf.

Pembahasan Soal:

Paragraf Deduktif karena ide pokok dari paragraf tersebut terdapat di awal kalimat. Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di kalimat awal paragraf. Sedangkan kalimat setelahnya merupakan penjelas untuk mendukung gagasan utama.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved