Iklan

Iklan

Pertanyaan

Banyak faktor yang menyebabkan banjir di Ciliwung. Ada faktor-faktor yang tidak dipenuhi oleh manusia dan yang dipengaruhi oleh manusia. Faktor non-manusia adalah curah hujan tinggi, jenis tanah dan topografi sungai. Sementara itu, penggunaan dan pengelolaan tanah di sepanjang Cekungan Ciliwung telah dipengaruhi oleh manusia. Berdasarkan posisi klausa utama, paragraf di atas desebut ....

Banyak faktor yang menyebabkan banjir di Ciliwung. Ada faktor-faktor yang tidak dipenuhi oleh manusia dan yang dipengaruhi oleh manusia. Faktor non-manusia adalah curah hujan tinggi, jenis tanah dan topografi sungai. Sementara itu, penggunaan dan pengelolaan tanah di sepanjang Cekungan Ciliwung telah dipengaruhi oleh manusia.


Berdasarkan posisi klausa utama, paragraf di atas desebut ....

  1. deduktifundefined

  2. induktifundefined

  3. mixundefined

  4. deskriptifundefined

  5. ceritaundefined

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat dan mengandung sebuah gagasan. Berdasarkan penempatan gagasan, paragraf terdiri atas tiga jenis, yaitu deduktif, induktif dan campuran. Paragraf deduktif adalah paragraf yang menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Biasanya paragraf deduktif terdiri dari sebuah pernyataan umum yang disambung dengan penjelasan-penjelasan, atau dengan kata lainmembahas sesuatu yang umum baru kemudian menjadi khusus. Paragraf induktif adalahparagraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum. Dengan kata lain, paragraf deduktif merupakankebalikan dari paragraf deduktif. Sementara itu, paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.Bisa dikatakan juga kalau paragraf campuran adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri juga dengan kalimat utama. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Berdasarkan teks di atas, kalimat utama paragraf terletak pada kalimat pertama, yaitu faktor banjir di Ciliwung. Dengan kata lain, berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf deduktif. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat dan mengandung sebuah gagasan. Berdasarkan penempatan gagasan, paragraf terdiri atas tiga jenis, yaitu  deduktif, induktif dan campuran.  Paragraf deduktif adalah paragraf yang menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Biasanya paragraf deduktif terdiri dari sebuah pernyataan umum yang disambung dengan penjelasan-penjelasan, atau dengan kata lain membahas sesuatu yang umum baru kemudian menjadi khusus. Paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum. Dengan kata lain, paragraf deduktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Sementara itu, paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf. Bisa dikatakan juga kalau paragraf campuran adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri juga dengan kalimat utama. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama.

Berdasarkan teks di atas, kalimat utama paragraf terletak pada kalimat pertama, yaitu faktor banjir di Ciliwung. Dengan kata lain, berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf deduktif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di bagaian awal kalimat disebut ...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia