Roboguru

Pak Hadi dan Bu Fani mengajarkan anaknya untuk mematuhi tata tertib di rumah. Salah satu tata tertib adalah tidak pulang ke rumah terlalu malam. Pak Hadi dan Bu Fani menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan tidak mudah terjerumus dalam perilaku menyimpang. Pola sosalisasi yang dilakukan Pak Hadi dan Bu Fani termasuk sosialisasi....

Pertanyaan

Pak Hadi dan Bu Fani mengajarkan anaknya untuk mematuhi tata tertib di rumah. Salah satu tata tertib adalah tidak pulang ke rumah terlalu malam. Pak Hadi dan Bu Fani menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan tidak mudah terjerumus dalam perilaku menyimpang. Pola sosalisasi yang dilakukan Pak Hadi dan Bu Fani termasuk sosialisasi....

  1. tidak langsung

  2. sekunder

  3. otoriter

  4. formal 

  5. primer

Pembahasan Soal:

Pak Hadi dan Bu Fani mengajarkan anaknya untuk mematuhi tata tertib di rumah. Hal tersebut menunjukkan sosialisasi kedisiplinan dan pengendalian sosial terjadi dalam lingkup keluarga. Sosialisasi yang dilakukan Pak Hadi dan Bu Fani dapat digolongkan sebagai sosialisasi primer.

Adapun dalam sosiologi, sosialisasi primer merupakan sosialisasi pertama yang dijalani oleh individu dalam suatu lembaga masyarakat berupa lingkup kecil yakni keluarga. Hal ini diperkuat oleh pendapat dalam buku Sosiologi karya Subadi (2008: 21), sosialisasi primer berlangsung saat anak belum mulai masuk ke sekolah, berkisar usia 1-5 tahun.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh sosialisasi yang ditanamkan oleh media primer adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Sosialisasi primer terjadi dalam lingkungan keluarga. Pada tahap sosialisasi ini orang tua menanamkan tentang nilai dan norma, salah satunya yaitu tentang rasa hormat dan kepatuhan kepada orang tua.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Seorang anak yang berumur lima tahun mulai mengenal teman sebayanya sebagai kelompok bermain yang menyenangkan. Dalam hal ini seorang anak memasuki bentuk sosialisasi ...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah tentang tahapan-tahapan sosialisasi. 

Sosialisasi adalah  usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Dengan begitu proses sosialisasi akan berkaitan dengan pemahaman seorang individu dalam nilai dan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat sehingga individu akan berperilaku dengan sesuai apa yang ada di masyarakat. Selain itu proses sosialisasi juga sebagai pembentukan kepribadian individu sebalum masuk kedalam masyarakat secara luas sehingga memahami peran-perannya dalam kehidupan masyarakat. Dalam proses sosialisasi individu melewati dua bentuk sosialisasi yaitu :

Sosialisasi primer : sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga). Pada sosiaslisasi ini individu mulai mengenal dan belajar nilai norma dalam keluarga juga memahami peran-peran dalam keluarga, berlangsung saat anak belum masuk ke sekolah.

Sosialisasi sekunder :  suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat.  Artinya dalam proses sosialisasi sekunder seorang individu sudah mulai membutuhkan lingkungan disekitar untuk membentuk hubungan sosial diluar keluarganya seperti lingkungan sekelompok permaianan, sekolah, dan lain lain. Sosialisasi ini berlangsung saat anak usia lima thuan hingga dewasa. 

Jika dikaitkan dengan soal maka  pada umur lima tahun anak sudah mulai membutuhkan lingkungan diluar keluarganya sebagai tempat interaksi mereka termasuk dalam proses sosialisasi sekunder, karena anak sudah mulai masuk pada tahap menyadari lingkungan yang ada diluar keluarganya. 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Hal yang membedakan sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder adalah

Pembahasan Soal:

Menurut Robert M.Z. Lawang, sosialisasi merupakan proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.
Berdasarkan tahapannya, sosialisasi dapat dibedakan menjadi dua tahap, yaitu sosialisasi primer merupakan sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota keluarga. dan sekunder  merupakan lanjutan dari sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok-kelompok selain keluarga dalam masyarakat, seperti sekolah, lingkungan sepermainan, serta kelompok masyarakat lainnya.  Kedua sosialisasi itu memiliki perbedaan adalah sebagai berikut :

Sosialisasi Primer

  1. Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi di lingkungan keluarga yang terjadi pada anak berusia di bawah lima tahun.
  2. Pada saat sosialisasi primer, orang tua dan keluarga terdekat berperan dalam proses sosialsiasi misalnya ibu, bapak, kakak, adik. 
  3. Pada proses sosialisasi primer, seorang anak akan melakukan pengenalan akan dirinya sendiri, sehingga anak akan memiliki jati diri yang berbeda dengan orang lain.

Sosialisasi Sekunder

  1. Sosialisasi sekunder berlangsung di luar keluarga setelah anak berumur di atas lima tahun.
  2. Pada proses sosialisasi sekunder, teman sepermainan, teman sekolah, dan teman sebaya memiliki peran dalam proses sosialisasi
  3. Dalam proses sosialisasi sekunder, anak akan mendapat berbagai pengalaman yang berbeda dengan keluarga. undefined

0

Roboguru

Kegiatan pendidikan dapat dilaksanakan pada lingkungan keluarga (pendidikan informal), sekolah (pendidikan formal) dan masyarakat (pendidikan non formal). Seseorang secara sadar atau tidak, disengaja ...

Pembahasan Soal:

Konsep tersebut berhubungan dengan konsep sosialisasi. Sosialisasi merupakan proses belajar atau proses penanaman nilai-nilai dan norma kepada individu agar bisa menempatkan diri di Masyarakat. proses sosialisasi pertama kali dialami oelh individu adalah dari keluarga, keluarga merupakan agen sosialisasi pertama dan berpengaruh dalam pembentukan awal kepribadian individu sehingga pendidikan awal yang diperoleh seseorang terjadi dalam keluarga.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Kursus merupakan pendidikan dalam masyarakat yang di dapatkan ketika individu berusaha mendapatkan keterampilan tertentu.
  • Sekolah merupakan agen sosialisasi setelah teman bermain dan keluarga
  • Pertemanan merupakan agen sosialisasi yang memberikan nilai-nilai yang tidak di dapatkan dari keluarga seperti solidaritas, empati dan sportivitas.
  • Masyarakat merupakan agen sosialisasi dimana kita sudah melewati keluarga, teman dan sekolah.

0

Roboguru

Seorang individu diajarkan tentang nilai-nilai serta norma sosial dasar dan cara hidup sesuai kultur keluarga. Hal ini menunjukkan bentuk sosialisasi ….

Pembahasan Soal:

Sosialisasi primer diberikan oleh ayah, ibu, dan keluarganya. Seorang individu diajarkan tentang nilai-nilai serta norma sosial dasar dan cara hidup sesuai kultur keluarga. Pada tahap sosialisasi primer ini, seorang anak akan belajar membedakan dirinya dari anggota keluarga yang lain. Biasanya sosialisasi primer ini berlangsung dari anak lahir hingga usia kurang lebih enam tahun. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved