Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pak Gatot marah kepada tetangganya yang sedang membangun rumah karena melanggar batas tanah yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam situasi tersebut Pak Lurah mencoba membantu menyelesaikan permasalahan tersebut di kantor balai desa. Hasilnya, sengketa antara kedua pihak tersebut tidak menimbulkan konflik berkepanjangan. Bentuk akomodasi dalam contoh tersebut adalah ....

Pak Gatot marah kepada tetangganya yang sedang membangun rumah karena melanggar batas tanah yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam situasi tersebut Pak Lurah mencoba membantu menyelesaikan permasalahan tersebut di kantor balai desa. Hasilnya, sengketa antara kedua pihak tersebut tidak menimbulkan konflik berkepanjangan. Bentuk akomodasi dalam contoh tersebut adalah ....undefined

  1. ....undefined

  2. ....undefined

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Akomodasi adalah langkah yang ditempuh untuk mengatasi konflik atau masalah antar dua pihak. Akomodasi adalah suatu kondisi dan proses . Akomodasi dapat bersifat sementara atau permanen. Adapun beberapabentuk akomodasi sebagai berikut : Koersi atau pemaksaan adalah bentuk akomodasi yang menggunakan kekuatan atau ancaman kekerasan untuk mengakhiri konflik. Kompromi adalah suatu bentuk akomodasi di antara pihak-pihak yang terlibat untuk dapat saling mengurangi tuntutannya agar penyelesaian masalah yang terjadi dapat dilakukan. Toleransi adalah suatu bentuk akomodasi yang dilandasi sikap saling menghormati kepentingan sesama sehingga perselisihan dapat dicegah atau tidak terjadi. Ajudikasi pengadilan merupakan bentuk penyelesaian perkara atau perselisihan di pengadilan oleh lembaga negara melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mediasi , suatu bentuk penyelesaian masalah melalui pihak ketiga yang bersifat netral. Untuk menjawab soal tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah mediasi. Hal ini dikarenakan terdapat pihak ketiga yang menyelesaikan konflik yaitu pak Gatot .

Akomodasi adalah langkah yang ditempuh untuk mengatasi konflik atau masalah antar dua pihak. Akomodasi adalah suatu kondisi dan proses. Akomodasi dapat bersifat sementara atau permanen. Adapun beberapa bentuk akomodasi sebagai berikut :

  1. Koersi atau pemaksaan adalah bentuk akomodasi yang menggunakan kekuatan atau ancaman kekerasan untuk mengakhiri konflik.
  2. Kompromi adalah suatu bentuk akomodasi di antara pihak-pihak yang terlibat untuk dapat saling mengurangi tuntutannya agar penyelesaian masalah yang terjadi dapat dilakukan.
  3. Toleransi adalah suatu bentuk akomodasi yang dilandasi sikap saling menghormati kepentingan sesama sehingga perselisihan dapat dicegah atau tidak terjadi.
  4. Ajudikasi pengadilan merupakan bentuk penyelesaian perkara atau perselisihan di pengadilan oleh lembaga negara melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Mediasi, suatu bentuk penyelesaian masalah melalui pihak ketiga yang bersifat netral.

Untuk menjawab soal tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah mediasi. Hal ini dikarenakan terdapat pihak ketiga yang menyelesaikan konflik yaitu pak Gatot.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

74

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan prinsip utama seorang mediator dalam menyelesaikan konflik, kecuali ....

96

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia