Roboguru

Pak Anton merasakan sesak nafas ketika dia berada di tengah kemacetan di jalan raya. Di sekitar pak Anton banyak asap kendaraan bermotor yang berasal dari knalpot. Menurut Ananda apakah gas yang menyebabkan pak Anton menderita sesak nafas?

Pertanyaan

Pak Anton merasakan sesak nafas ketika dia berada di tengah kemacetan di jalan raya. Di sekitar pak Anton banyak asap kendaraan bermotor yang berasal dari knalpot. Menurut Ananda apakah gas yang menyebabkan pak Anton menderita sesak nafas?space 

  1. begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style undefined 

  2. COundefined 

  3. begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style undefined 

  4. begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Asap kendaraan bermotor merupakan penyebab dari Pak Anton sesak napas. Asap kendaraan mengandung partikel hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin. Partikel tersebut adalah gas CO atau karbon monoksida. Karbon monoksida sangat berbahaya bagi manusia. Ini dapat menyebabkan sesak napas dan keracunan. CO memiliki afinitas atau gaya tarik terhadap hemoglobin lebih tinggi daripada oksigen. Apabila CO masuk ke paru-paru oksigen akan kalah cepat untuk mengikat hemoglobin sehingga tubuh akan kekurangan oksigen. Ditandai dengan sesak napas kemudian terjadilah keracunan CO.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved