Roboguru

Pada suhu , dalam waktu 10 menit terjadi reaksi antara 0,1 mol A dan 0,1 mol B membentuk 0,1 mol C. Jika reaksi dilangsungkan pada , maka ....

Pertanyaan

Pada suhu 30 space degree C, dalam waktu 10 menit terjadi reaksi antara 0,1 mol A dan 0,1 mol B membentuk 0,1 mol C. Jika reaksi dilangsungkan pada 100 space degree C, maka .... 

  1. jumlah C yang dihasilkan dalam 10 menit pertama menjadi lebih sedikit 

  2. jumlah zat A yang ada setelah 10 menit pertama berkurang sebanyak 0,1 mol

  3. jumlah A dan B yang berkurang tiap menitnya akan semakin dikit 

  4. jumlah mol C yang terbentuk pada akhirnya sama dengan pada suhu 30 space degree C

  5. orde reaksinya menjadi lebih besar daripada yang berlangsung pada 30 space degree C 

Pembahasan Soal:

Kenaikan suhu berpengaruh terhadap laju reaksi. Semakin tinggi suhu yang dinaikkan maka semakin cepat laju reaksi.

Pada suhu 30 space degree C, perbandingan mol awal pereaksi bisa kita asumsikan adalah sama (dalam hal ini tidak disebutkan). Oleh karena itu, ketika suhu dinaikkan menjadi 100 space degree C jumlah C yang dihasilkan akan tetap sama dengan jumlah C pada suhu 30 space degree C. Selain itu, proses pembentukan C juga akan semakin cepat seiring kenaikan suhu dan waktu reaksi semakin singkat.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kurva berikut diperoleh dari reaksi 1 gram pita magnesium dengan larutan HCI 1 M berlebih pada suhu 25°C.     Salin kurva tersebut, kemudian tambahkan kurva sejenis untuk percobaan berikut: 1 gram ...

Pembahasan Soal:

Peningkatan suhu akan memperbesar laju reaksi, sehingga kurva laju reaksinya akan menjadi:space
 

Roboguru

Perhatikan beberapa faktor berikut! 1) Ukuran partikel 2) Warna partikel 3) Jumlah partikel 4) Temperatur partikel 5) Katalis 6) Bentuk partikel Faktor yang dapat memengaruhi laju reaksi adalah...

Pembahasan Soal:

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi yaitu:

Ukuran partikel

Ukuran partikel atau luas permukaan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Padatan yang bentuknya serbuk halus, punya luas permukaan bidang sentuh yang lebih besar kalau dibandingkan dengan padatan yang berbentuk lempeng atau butiran. Maka, berlaku bahwa semakin luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan bisa jadi semakin tinggi. Inilah yang menyebabkan reaksi berlangsung bisa lebih cepat.

Jumlah partikel

Konsentrasi yang besar menandakan jumlah partikel yang lebih banyak. Partikel yang lebih banyak akan memiliki susunan yang lebih rapat sehingga akan sering  terjadi tumbukan sehingga kemungkinan terjadinya reaksi semakin besar.

Temperatur partikel

Jika temperatur atau suhu diperbesar, maka energi kinetik partikel akan semakin besar sehingga terjadinya tumbukan efektif pun semakin banyak dan reaksi akan berlangsung lebih cepat.

Katalis

Katalis adalah suatu zat yang berfungsi untuk mempercepat laju reaksi. Katalis bekerja dengan cara menurunkan energi aktivasi, sehingga reaksi akan lebih mudah terjadi.

 

Dengan demikian, faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi adalah 1, 3, 4, dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Dalam suatu bejana terjadi reaksi yang dinyatakan dengan persamaan: persamaan laju reaksinya:   Jika tekanan ruangan tersebut pada suhu tetap dinaikkan menjadi dua kali, laju reaksinya menjadi .....

Pembahasan Soal:

Beberapa reaksi ada yang melibatkan pereaksi dalam wujud gas. Dalam reaksi yang demikian, tekanan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semakin besar tekanan, akan membuat volume reaktan semakin kecil dan menjadikan konsentrasi reaktan menjadi semakin besar. Konsentrasi reaktan yang besar akan menyebabkan laju reaksi berjalan semakin cepat.

Jika tekanan dinaikkan dua kali maka konsentrasi masing-masing reaktan juga akan meningkat dua kali sehingga laju reaksi menjadi :

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell v subscript 1 end cell equals cell k open square brackets A close square brackets squared open square brackets B close square brackets to the power of 0 end cell row cell v subscript 2 end cell equals cell.... ? end cell row blank blank blank row cell v subscript 2 over v subscript 1 end cell equals cell fraction numerator k open parentheses 2 open square brackets A close square brackets close parentheses squared open parentheses 2 open square brackets B close square brackets close parentheses to the power of 0 over denominator k open square brackets A close square brackets squared open square brackets B close square brackets to the power of 0 end fraction end cell row cell v subscript 2 over v subscript 1 end cell equals cell fraction numerator k cross times 4 open square brackets A close square brackets squared cross times 1 over denominator k cross times open square brackets A close square brackets squared cross times 1 end fraction end cell row cell v subscript 2 over v subscript 1 end cell equals cell 4 over 1 end cell row cell v subscript 2 end cell equals cell 4 v subscript 1 end cell end table

Dengan demikian, jika tekanan ruangan tersebut pada suhu tetap dinaikkan menjadi dua kali, laju reaksinya menjadi 4 kali lebih cepat dari semula.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Fungsi katalis adalah untuk ....

Pembahasan Soal:

Katalis merupakan suatu zat yang yang mempercepat reaksi tanpa mengalami perubahan kimia yang permanen. Katalis mempercepat reaksi dengan cara mengubah jalannya reaksi, dimana jalur reaksi yang dilalui tersebut mempunyai energi aktivasi yang lebih rendah daripada jalur reaksi yang biasanya ditempuh. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa katalis berperan dalam menurunkan energi aktivasi.

Dengan demikian, fungsi katalis adalah :

  • mempercepat laju reaksi.
  • mengubah jalannya reaksi sehingga energi aktivasinya turun.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Dalam suatu percobaan untuk menyelidiki laju reaksi:       Diperoleh data hasil percobaan:   Grafik yang menggambarkan orde reaksi terhadap X adalah ....

Pembahasan Soal:

Orde reaksi menunjukkan besarnya pengaruh konsentrasi reaktan terhadap laju reaksi. Suatu reaksi dapat memiliki orde berupa orde nol, satu, dua, tiga, atau pecahan.

Penentuan orde reaksi dapat dihitung berdasarkan data eksperimen. Data eksperimen tersebut dapat dibandingkan dengan memperhatikan kondisi yang sama pada setiap zat.

Orde X dapat dihitung berdasarkan data konsentrasi Y yang sama yaitu pada percobaan 2 dan 3. Pada percobaab 2 dan 3, konsnetrasi Y tetap, konsentrasi X naik dua kali dan laju reaksi tetap, maka orde terhadap X dapat dihitung sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell open parentheses 2 close parentheses to the power of m end cell equals 1 row cell open parentheses 2 close parentheses to the power of m end cell equals cell open parentheses 2 close parentheses to the power of 0 end cell row m equals 0 end table 

Dengan demikian, orde reaksi terhadap X adalah 0 yang berarti konsentrasi X tidak berpengaruhi terhadap laju reaksi. Orde reaksi tinkat 0 digambarkan pada kurva berikut. 


Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved