Roboguru

Pada saat presiden soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh wakil presiden B.J Habibie lahirlah gerakan reformasi. Bagaiamanakah gerakan reformasi itu?

Pertanyaan

Pada saat presiden soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh wakil presiden B.J Habibie lahirlah gerakan reformasi. Bagaiamanakah gerakan reformasi itu?

Pembahasan Soal:

Gerakan reformasi adalah gerakan yang bertujuan untuk memformat ulang, menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format sesuai dengan nilai-nilai ideal yang dicita-citakan rakyat. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia ialah gerakan mahasiswa tahun 1998. Terjadi ketika pemerintahan Orde Baru atau ORBA. Gerakan ini muncul sebagai reaksi praktik-praktik pemerintah yang menyimpang dari harapan rakyat. Tujuan dari gerakan ini salah satunya ialah untuk membuat Presiden Soeharto turun dari jabatannya sebagai Presiden RI yang telah menjabat selama 32 tahun. Peristiwa-peristiwa dalam gerakan reformasi ini ialah seperti Tragedi Trisakti 12 Mei 1998, dan aksi menduduki gedung DPR/MPR yang dilakukan oleh mahasiswa. Akhrinya pada tanggal 21 Mei 1998 Seoharto menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Presiden RI. 

Dengan demikian gerakan  reformasi yang tejadii pada tahun 1998 merupakan aksi dari para mahasiswa dan rakyat yang menginginkan tatanan baru sesuai dengan nilai-nilai yang dicita-citakan oleh bangsa. Terutama gerakan ini ingin membuat presiden Soeharto turun dari jabatannya sebagai presiden.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved