Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada rangkaian di bawah tiga amperemeter menunjukkan besar arus yang mengalir, yaitu I 1 , I 2 , dan I 3 . ε adalah sumber GGLdan hambatan S lebih besar dari pada hambatan R. Manakah diantara pernyataan berikut yang bernilai benar? I 1 lebih besar daripada I 2 I 3 lebih besar daripada I 2 I 1 ​ = I 2 ​ + I 3 ​ I 2 ​ × S = I 3 ​ × R (UTBK)

Pada rangkaian di bawah tiga amperemeter menunjukkan besar arus yang mengalir, yaitu I1, I2, dan I3.  adalah sumber GGL dan hambatan S lebih besar dari pada hambatan R. Manakah diantara pernyataan berikut yang bernilai benar?

  1. I1 lebih besar daripada I2
  2. I3 lebih besar daripada I2
  3.  
  4.  

(UTBK)

  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space 

  4. HANYA 4 yang benar.space 

  5. SEMUA pilihan benar.space 

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan: I 1 lebih besar daripada I 2 . Penyataan benar. Karena jenis dari rangkaian pada soal adalah rangkaian paralel. Pada rangkaian paralel arus listrik yang keluar dari sumber tegangan akan dibagi-bagi ke stiap cabang. I 1 adalah arus listrik yang keluar dari baterai, I 1 akan dibagi menjadi I 2 dan I 3 . Sehingga I 1 lebih besar dari I 2 . I 3 lebih besar daripada I 2 . Pernyataan salah. Karena hambatan R dan S disusun paralel maka tegangan listrik pada kedua hambatan sama. Arus listrik berbanding terbalik dengan hambatan listrik. Hambatan S besar dari hambatan R . Sehingga arus pada hambatan S ( I 3 ) lebih kecil dari arus pada hambatan R ( I 2 ). . Pernyataan benar. Arus dari sumber tegangan ( I 1 ) akan dibagi ke hambatan R ( I 2 ) dan hambatan S ( I 3 ,)sehingga I 1 = I 2 + I 3 . . Pernyataan salah. Karena tegangan pada hambatan R dan hambatan S sama besar maka berlaku hubungan: V R ​ = V S ​ I 2 ​ × R = I 3 ​ × S Jadi pernyataan yang benar adalah adalah pernyataan 1 dan 3. Maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan:

  1. I1 lebih besar daripada I2Penyataan benar. Karena jenis dari rangkaian pada soal adalah rangkaian paralel. Pada rangkaian paralel arus listrik yang keluar dari sumber tegangan akan dibagi-bagi ke stiap cabang. I1 adalah arus listrik yang keluar dari baterai, I1 akan dibagi menjadi I2 dan I3. Sehingga I1 lebih besar dari I2.
  2. I3 lebih besar daripada I2. Pernyataan salah. Karena hambatan R dan S disusun paralel maka tegangan listrik pada kedua hambatan sama. Arus listrik berbanding terbalik dengan hambatan listrik. Hambatan S besar dari hambatan R. Sehingga arus pada hambatan S (I3) lebih kecil dari arus pada hambatan R (I2).
  3. I subscript 1 equals I subscript 2 plus I subscript 3. Pernyataan benar. Arus dari sumber tegangan (I1) akan dibagi ke hambatan R (I2) dan hambatan S (I3,) sehingga I1 = I2 + I3.
  4. I subscript 2 cross times S equals I subscript 3 cross times RPernyataan salah. Karena tegangan pada hambatan R dan hambatan S sama besar maka berlaku hubungan:

Jadi pernyataan yang benar adalah adalah pernyataan 1 dan 3.

Maka jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Konsep Kilat

Hambatan Listrik

Rangkaian Listrik

Hukum I Kirchoff

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada rangkaian listrik seperti pada gambarini, kuat arus I, I AB dan I CD adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia