Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada proses penghantaran suara, gelombang bunyiyang masuk ke telinga bergerak ke saluran telinga luardan membran timpani. Selanjutnya, gelombang tersebut akan diteruskan menuju ....

Pada proses penghantaran suara, gelombang bunyi yang masuk ke telinga bergerak ke saluran telinga luar dan membran timpani. Selanjutnya, gelombang tersebut akan diteruskan menuju .... 

  1. inkusundefined 

  2. stapesundefined 

  3. maleusundefined 

  4. kokleaundefined 

  5. organ kortiundefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Gelombang bunyi yang masuk ke telinga bergerak ke saluran telinga luar dan gendang telinga. Selanjutnya, getaran suara diteruskan menuju tiga tulang pendengaran (tulang-tulang pendengaran terdiri atas tulang martil/maleus, landasan/inkus dan sanggurdi/stapes). Getaran suara itu akhirnya sampai koklea dan menggetarkan cairan limfe yang ada di dalamnya. Keadaan tersebut mengakibatkan rangsangan suara mengenai reseptor pendengaran. Rangsang suara diubah menjadi impuls dan diteruskan ke ujung saraf auditori hingga sampai ke otak. Selanjutnya, otak menerjemahkan informasi sehingga kita dapat mendengar suatu suara. Mekanisme kerja indra pendengaran sebagai berikut : Getaran suara dauntelinga saluran telinga gendang telinga (membran timpani) tiga tulang pendengaran (maleus, inkus dan stapes) rumah siput (koklea) sel-sel rambut dalam organ korti sel saraf auditori otak. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Gelombang bunyi yang masuk ke telinga bergerak ke saluran telinga luar dan gendang telinga. Selanjutnya, getaran suara diteruskan menuju tiga tulang pendengaran (tulang-tulang pendengaran terdiri atas tulang martil/maleus, landasan/inkus dan sanggurdi/stapes). Getaran suara itu akhirnya sampai koklea dan menggetarkan cairan limfe yang ada di dalamnya. Keadaan tersebut mengakibatkan rangsangan suara mengenai reseptor pendengaran. Rangsang suara diubah menjadi impuls dan diteruskan ke ujung saraf auditori hingga sampai ke otak. Selanjutnya, otak menerjemahkan informasi sehingga kita dapat mendengar suatu suara.

Mekanisme kerja indra pendengaran sebagai berikut :
Getaran suara rightwards arrow daun telinga rightwards arrow saluran telinga rightwards arrowgendang telinga (membran timpani) rightwards arrow tiga tulang pendengaran (maleus, inkus dan stapes) rightwards arrowrumah siput (koklea) rightwards arrow sel-sel rambut dalam organ korti rightwards arrow sel saraf auditori rightwards arrow otak.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Alina Wati

Mudah dimengerti

Nino Auliya Nahara

Mudah dimengerti

atiqa n

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dibagian manakah dari telinga manusia proses pengumpulan gelombang terjadi ?

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia