Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dibagian manakah dari telinga manusia proses pengumpulan gelombang terjadi ?

Dibagian manakah dari telinga manusia proses pengumpulan gelombang terjadi ?space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

proses pengumpulan gelombang terjadi di daun telinga.

proses pengumpulan gelombang terjadi di daun telinga.space 

Iklan

Pembahasan

Telinga merupakan organ pendengaran dan keseimbangan. Telinga dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan gelombang suara yang akan diteruskan ke telinga tengah. Saluran telinga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas telinga. Telinga tengah terdiri atas membran timpani, tulang pendengaran dan saluran Eustachius. Membran timpani berfungsi menerima gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran serta menyalurkan getaran ke tulang-tulang kecil telinga tengah. Tulang pendengaran terdiri atas tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes). Setiap tulang pendengaran akan menyampaikan getaran ke tulang berikutnya. Tulang stapes yang merupakan tulang terkecil di tubuh meneruskan getaran ke koklea. Sedangkan saluran Eustachius merupakan saluran penghubung antara telinga tengah dan faring. Fungsinya menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan udara di telinga dalam. Telinga dalam terdiri atas vestibulum, kanalis semisirkularis dan rumah siput (koklea). Vestibulum merupakan ruangan kecil yang berhubungan dengan koklea pada sisi anterior, dengan telinga tengah pada sisi lateral dan dengan kanalis semisirkularis pada sisi posterior. Kanal semisirkularis adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kanal ini berisi rambut-rambut halus dan cairan. Koklea adalah bagian telinga dalam yang berbentuk seperti cangkang siput. Koklea berfungsi mengubah getara suara yang dikirim dari telinga tengah menjadi sinyal saraf yang akan disampaikan ke otak. Jadi, proses pengumpulan gelombang terjadi di daun telinga.

Telinga merupakan organ pendengaran dan keseimbangan. Telinga dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan gelombang suara yang akan diteruskan ke telinga tengah. Saluran telinga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas telinga. Telinga tengah terdiri atas membran timpani, tulang pendengaran dan saluran Eustachius. Membran timpani berfungsi menerima gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran serta menyalurkan getaran ke tulang-tulang kecil telinga tengah. Tulang pendengaran terdiri atas tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes). Setiap tulang pendengaran akan menyampaikan getaran ke tulang berikutnya. Tulang stapes yang merupakan tulang terkecil di tubuh meneruskan getaran ke  koklea. Sedangkan saluran Eustachius merupakan saluran penghubung antara telinga tengah dan faring. Fungsinya menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan udara di telinga dalam. Telinga dalam terdiri atas vestibulum, kanalis semisirkularis dan rumah siput (koklea). Vestibulum merupakan ruangan kecil yang berhubungan dengan koklea pada sisi anterior, dengan telinga  tengah pada sisi lateral dan dengan kanalis semisirkularis pada sisi posterior. Kanal semisirkularis adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kanal ini berisi rambut-rambut halus dan cairan. Koklea adalah bagian telinga dalam yang berbentuk seperti cangkang siput. Koklea berfungsi mengubah getara suara yang dikirim dari telinga tengah menjadi sinyal saraf yang akan disampaikan ke otak.

Jadi, proses pengumpulan gelombang terjadi di daun telinga.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan bagian dari struktur telinga: mileus aurikula eustachius kanal auditori membran timpani Bagian dari telinga luar yang dapat mengamplifikasi suara pertama k...

95

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia